3 Cara Menentukan Usia Fosil Manusia Purba Atau Benda-Benda Bersejarah

Lapisan Tanah Tempat Hidup Manusia Purba, yang kita ketahui manusia purba diperkiraan ada sejak zaman Pleistosen. Manusia yang hidup pada zaman tersebut dikenal dengan sebutan manusia purba (pre historic people). manusia purba memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan manusia modern.

Menentukan Usia Benda Bersejarah

Lapisan Pleistosen dibagi menjadi 3 tingkat, yakni lapisan Pleistosen Bawah, Tengah, dan Atas. Fosil-fosil yang di temukan beraneka ragam, baik itu fosil manusia maupun hewan purba. usaha untuk menemukan fosil-fosil dan benda-benda bersejarah lainnya dilakukan melalui kegiatan ekskavasi (Penggalian Arkeologis). dalam usaha melakukan identifikasi hasil temuan, para ahli arkeologi memerlukan ilmu bantu, antara lain paleontologi, sosiologi, antropologi, biologi, filologi, numismatik, geologi, dan lain-lain.

Untuk menentukan usia fosil dan benda-benda bersejarah lainnya (artefak) biasanya dilakukan dengan beberapa metode yitu:

Cara Menentukan Usia Fosil Atau Benda-Benda Bersejarah (Artefak)

A. Metode Tipologi
Metode tipologi adalah cara mempelajari usia benda-benda peninggalan bersejarah berdasarkan bentuk dan jenisnya. semakin sederhana benda peninggalannya, semakin tua usia benda tersebut.

B. Metode Stratigrafi

Metode Stratigrafi adalah cara menemukan usia benda bersejarah berdasarkan letaknya di dalam lapisan tanah. Semakin kedalam lapisan tanah, benda bersejarah semakin tua. metode stratigrafi memiliki kelemahan, yakni karena beberapa kejadian alam dapat mengakibatkan bendalapisan atas belum tentu lebih muda dari lapisan dibawahnya Seriap fosil yang ditemukan yang berasal dari lapisan tanah tertentu biasanya memberi ciri khusus suatu kehidupan manusia pada lapisan tanah tertentu. Fosil yang dapat memberi petunjuk tentang kehidupan manusia pada lapisan tanah tertentu, yang menjadi ciri khusus suatu lapisan tanah tertentu disebut fosil pandu (Leith Fosil)

C. Metode Kimiawi
Metode kimiawi adalah cara mempelajari usia benda berdasarkan unsur-unsur kimia yang terkandung dalam benda yang ditemukan. Zat kimia tertentu misalnya karbon, biasanya digunakan para ahli arkeologi untuk menentukan usia sebuah benda bersejarah.

Itu saja artikel Cara Menentukan Usia Fosil Manusia Purba Atau Benda-Benda Bersejarah, semoga bermanfaat untuk kita semua. semoga terbantu dengan adanya artikel ini.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "3 Cara Menentukan Usia Fosil Manusia Purba Atau Benda-Benda Bersejarah"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!