Istilah-Istilah Seleksi Masuk Ke Perguruan Tinggi Negeri

Masuk keperguruan tinggi negeri adalah impian semua pelajar yang akan melanjutkan sebagai seorang mahasiswa/mahasiswi, apa lagi universitas negeri tersebut memiliki pamor dan kualitas yang bagus, ini untuk menunjukan kualitas mereka bahwa mereka bisa masuk ke universitas bergengsi. tapi sebenarnya, apapun universitasnya tidak menentukan kecemerlangan seseorang.

Ingin masuk perguruan tinggi tapi tidak mengetahui istilah-istilah untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi, istilah yang sering dipakai seperti SNMPTN, SBMPTN, PMDK, SPA dan lain-lain. pasti kalian pernah mendengar istilah-istilah tersebut, apalagi kalian yang mau melanjutkan pendidikan.

Istilah-Istilah Seleksi Masuk Ke Perguruan Tinggi Negri

Istilah atau singkatan yang sering digunakan dalam seleksi masuk perguruan tinggi, dan banyak juga yang belum mengetahui istilah-istilah ini. jadi mari kita simak istilah-istilah apa saja yang sering di gunakan dalam seleksi masuk ke perguruan tinggi, sebagai berikut:

1. SBMPTN
SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat SBMPTN, ini merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang telah dilakukan untuk menunjukan berbagai keuntungan dan keunggulan, bagi para calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun bagi kepentingan nasional.

2. SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat SNMPTN, salah satu bentuk jalur untuk masuk ke perguruan negeri yang mana seleksinya dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia. SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor perguruan tinggi negeri se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN.

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

3. Jalur Mandiri
Jalur mandiri adalah sebuah sistem penyaringan dengan ujian yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak perguruan tinggi negeri. jalur ini juga diselenggarakan oleh pihak terkait sebagai alternatif bagi para calon mahasiswa baru yang tidak lolos seleksi SNMPTN dan SBMPTN.

Sistem tes jalur mandiri hampir sama dengan SNMPTN ataupun SBMPTN meliputi tes kemampuan dasar, tes potensi akademik, dan tes kelompok SAINTEK/SOSHUM (yang dikenal sebagai kelompok ipa(saintek) dan ips(soshum)), hanya saja materi ujian yang disajikan beragam karena soal-soal ujian murni dikembangkan oleh pihak perguruan tinggi negeri masing-masing.

4. PMDK atau PMDK-PN
Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri atau disingkat PMDK-PN adalah seleksi yang melalui jalur undangan yang diperuntukan bagi calon peserta yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh wilayah indonesia.

Pola seleksi ini tertuang dalam sistem terpadu dan dilaksanakan secara serentak melalui prestasi akademik calon mahasiswa baru. sekilas PMDK-PN hampir sama dengan SNMPTN, bedanya jika PMDK-PN masuk perguruan tinggi negeri namun khusus untuk politeknik negeri.

5. Jalur SPA
Jalur Seleksi Potensi Akademik (SPA) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis, Pemilihan program studi atau jurusan akan dilakukan menggunakan nilai atau skor hasil ujian tertulis dimana masing-masing program studi mempunyai passing grade (nilai).
Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Pendaftar melakukan proses pendaftaran online dilanjutkan membayar biaya pendaftaran
  • Melaksanakan Tes Tertulis
  • Nilai hasil ujian tulis diumumlan online
  • Melakukan pemilihan jurusan/program studi menggunakan nilai yang diperoleh sesuai passing grade masing-masing program studi secara online
  • Pengumuman hasil akhir


Itu dia artikel mengenai istilah-istilah seleksi/jalur untuk masuk keperguruan tinggi negeri. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, dan menambah wawasan kita semua.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Istilah-Istilah Seleksi Masuk Ke Perguruan Tinggi Negeri"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!