Pengertian dan Dasar-Dasar Senam Ritmik

Tauhukah kamu bahwa dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita mendengar istilah-istilah yang dipakai untuk menamai jenis-jenis senam? Banyak sekali jenis-jenis senam yakni ada senam Si Buyung, senam wanita, senam jantung sehat, senam aerobic, senam kesegaran jasmani, senam tera, dan lain-lain. dan kali ini yang saya akan bahas ialah senam ritmik atau disebut juga senam irama.

Dasar-Dasar Senam Ritmik

Seringkali senam ritmik ini digunakan untuk kegiatan sekolah pada hari sabtu. tapi akhir-akhir ini mulai menghilang budaya senam ritmik ini disekolah-sekolah di indonesia. Jaman saya SD itu masih ada senam ritmik seperti ini yang di laksanakan biasanya pada hari sabtu untuk seluruh kelas. langsung saja simak pengertian dari senam ritmik.

Penjelasan Mengenai Materi Senam Ritmik


Pengertian Senam Ritmik
Senam Ritmik (Modern Rhythmic) atau sering disebut dengan senam irama karena seluruh gerakannya harus sesuai dengan irama yang mengiringinya. Senam ritmik pada kegiatan olahraga juga bisa dilombakan, baik dengan menggunakan alat maupun tanpa menggunakan alat. Tinggi rendahnya tingkat kesulitan gerakan merupakan konstribusi untuk mendapatkan nilai yang paling besar.

Senam ritmik pada dasarnya dikhususkan untuk para putri, di indonesia perkembangan tidak sepesat perkembangan senam artistic yang untuk putra dan putri, walaupun kedua jenis senam ini dalam satu wadah organisasi yaitu PERSANI untuk nasional dan FIG (Federation International de Gymnastique) untuk Internasional. senam ritmik di indonesia berkembang setelah tahun 1984.
Senam Ritmik dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:
a. Senam Ritmik Tanpa Alat
b. Senam Ritmik Menggunakan Alat (Gada, Tongkat, Bola, Simpai,Tali (Selendang)).

Unsur-Unsur yang diperlukan dalam senam Ritmik ialah:

  • Kelentukan
  • Keseimbangan
  • Keluwesan
  • Fleksibilitas
  • Kontinuitas
  • Ketepatan dengan irama
Tapi dari unsur-unsur tersebut hal yang perlu diperhatikan dan ditekankan dalam senam Ritmik ada 3 yaitu:
  • Ketepatan Irama/Musik
  • Kelentukan (Fleksibilitas)
  • Kontinuitas Gerakan

Gerakan-Gerakan Dasar Senam Ritmik
Berikut ini adalah gerakan dasar yang harus dikuasai dalam senam ritmik (Baik dengan alat ataupun tanpa alat).

a. Langkah
Yang dimaksudkan dengan Langkah adalah perpindahannya salah satu kaki belakang ke depan kaki yang lainnya dengan berbagai variasi. Sedangkan macam-macam langkahnya yaitu:
  1. Langkah biasa (loop pas)
  2. Langkah keseimbangan (balans pas)
  3. Langkah ke depan (gallop pas)
  4. Langkah tiga (wall pas)
  5. Langkah lingkar (huppel pas)
  6. Langkah rapat (by frek pas)
  7. Langkah menyamping (zij pas)
  8. Langkah silang (kruis pas)
  9. Langkah ganti (wissel pas)
  10. Langkah pantul (koots pas)

b. Loncat

Loncat adalah gerakan melangkah disertai tolakan kaki sehingga pada saat badan melayang di udara, mendarat dengan salah satu kaki yang disusul dengan kaki yang lainnya.
Macam-macam loncat adalah sebagai berikut:
  1. Loncat biasa (loop sprong)
  2. Loncat kuda (horse sprong)
  3. Loncat pantul (koots sprong)
  4. Loncat silang (kruis sprong)
  5. Loncat samping (zij sprong)
  6. Loncat ganti (wissel sprong)
  7. Loncat ayun (swinging sprong)
  8. Loncat putar silang (drai sprong)
  9. Loncat depan (gallop sprong)
  10. Loncat rapat (by frek sprong)

c. Sikap Badan
Yang dimaksud sikap dalam senam ritmik adalah sikap badan ketika senam berhenti. baik untuk pergantian gerak kombinasi maupun gerak akhir dengan selesainya suatu irama. Ada bermacam-macam sikap badan, yaitu sikap berdiri, duduk, berbaring, tidur terlentang, dan sebagainya.

d. Step
Gerakan step adalah melangkah dengan tanpa merubah posisi kaki, artinya kaki depan setelah mendarat kakinya tetap di depan dan mendaratnya dengan satu kaki disusul kaki yang lainnya. macam-macam step yaitu step kedepan, step ke samping kanan, dan step ke samping kiri.

e. Ayunan Lengan
Ayunan satu lengan maupun dua lengan dapat digerakkan dengan berbagai variasi, misalnya ke samping kanan/kiri, kedepan/belakang, melingkar ke kanan/kiri, dan melingkar kedepan/belakang.

f. Pilinan
Memilin adalah memutar badan kearah kanan atau kiri dengan bertumpu pada satu kaki.

g. Liukan
Gerakan liukan adalah gerakan menggeliat seakan bergelombang dengan gerak pinggul lebih aktif. Variasi atau macam gerakan bisa meliuk ke kanan atau ke kiri.

h. Gerakan Badan
Gerakan memutar badan adalah perpindahannya salah satu kaki diikuti oleh kaki yang lainnya kearah melingkar ke kiri atau ke kanan. Gerakan memutar badan bisa 180° atau langsung 360°, Bahkan dalam gerakan tertentu dapat dilakukan berkali-kali memutar sesuai dengan kombinasi.

Itu saja artikel mengenai Pengertian dan Dasar-Dasar Senam Ritmik, semoga bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Pengertian dan Dasar-Dasar Senam Ritmik"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!