Blogwalking (BW), Mungkinkah Skenario Pengelabuan Visitor?

blogwalking-bw-skenario-pengelabuan-visitor
kuybelajar.net
Sesuai judulnya, Blogwalking biasa disingkat BW adalah sebuah kegiatan mengunjungi situs atau blog tertentu entah karena memang ingin mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau sekedar memenuhi permintaan dari seorang rekanan sesama blogger atau influencer. Tujuannya tidak lain adalah agar situs atau blog-nya berada di halaman utama mesin pencarian (page one) pada pencarian kata kunci (keyword) tertentu.

Anda tentu pernah melihat beberapa blog dengan deretan komentar yang melimpah ruah, bukan? Kondisi ini bisa terjadi secara natural (organic search) lewat mesin pencarian dengan menuliskan keyword tertentu atau bisa juga karena skenario yang dirancang memang untuk menggaet para pembaca melalui aktivitas Blogwalking (BW).

Meskipun bisa terjadi secara natural, aktivitas Blogwalking (BW) ini cenderung lebih banyak karena setingan (pengkondisian). Di mana, Anda diajak untuk mengunjungi situs atau blog seseorang terlebih dahulu, biasanya Anda diminta untuk meninggalkan jejak berupa komentar. Selanjutnya, dia akan berkunjung balik pada situs atau blog yang Anda kelola lewat link yang Anda tinggalkan di kolom komentar situs atau blog-nya. Inilah alasan mengapa saya menyebut bahwa Blogwalking (BW) adalah skenario pengelabuan visitor.

Di balik banyaknya pengunjung yang meninggalkan jejak dengan deretan komentar memang menyimpan misteri di dalamnya apakah pengelola situs atau blog menerapkan pola SEO on Page atau SEO off Page. SEO on Page sendiri adalah bagaimana pemilik situs atau blog mengoptimasi postingannya seperti penggunaan keyword penelusuran, maupun lewat berbagai fitur plugin yang tersedia. Berbeda dengan SEO off Page, pola ini lebih mengutamakan jaringan luar, seperti sharing tulisan di media sosial atau dengan membuat skenario Blogwalking (BW) untuk menarik dan meningkatkan jumlah visitor.

Terlepas dari semua itu, ada catatan yang perlu Anda ketahui, baik SEO on Page maupun SEO off Page adalah dua cara untuk menjadikan situs atau blog Anda berada di halaman utama mesin pencarian. Sehingga, dapat menjaring lebih banyak visitor berkunjung ke situs atau blog Anda. Anda tidak jago dalam menerapkan pola SEO on Page dapat menerapkan pola SEO off Page. Jumlah visitor yang banyak adalah salah satu kunci untuk menjadikan sebuah situs atau blog berada di halaman utama mesin pencarian (page one).

Postingan yang berada di halaman utama mesin pencarian (page one) adalah dambaan para blogger. Kondisi ini memungkinkan dapat menarik visitor situs atau blog lebih banyak dan meningkat. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar visitor cenderung akan mengeklik postingan yang berada pada halaman utama mesin pencarian, dibanding halaman berikutnya dengan kata kunci (keyword) pencarian yang sama.

Jadi, sah-sah saja memang ketika Anda ingin visitor meningkat lalu menerapkan skenario Blogwalking (BW) di tiap postingan artikel Anda. Toh, itu bukan sebuah pelanggaran, bukan? Hehehe.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Blogwalking (BW), Mungkinkah Skenario Pengelabuan Visitor?"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!