Satu dari 10 Jenis Awan Ini Paling Ditakuti Para Pilot

Saat menatap langit, hal pertama yang akan kita temukan adalah rupa-rupa awan dengan segala macam bentuknya. Ada yang membentuk garis lurus, berombak, bergerombol, melingkar, dan sebagainya. Bentuk awan ini ada yang berwarna hitam, abu-abu, maupun putih.

Bentuk awan selalu berubah-ubah mengikuti keadaan cuaca. Posisinyapun demikian, ada yang tinggi dan ada juga yang rendah. Pergerakan angin dan udara akan sangat berpengaruh terhadap posisi awan-awan ini.

Bentuk awan yang selalu berubah-ubah akan berdampak pada semua aktivitas makhluk hidup di muka bumi, termasuk dalam hal kegiatan penerbangan pesawat terbang. Ada awan yang menghasilkan hujan, salju, maupun es, namun ada pula yang tidak berdampak apa-apa.

Karena bentuknya yang bermacam-macam serta dampak yang ditimbulkannya juga berbeda-beda, awan-awan ini dibedakan ke dalam beberapa jenis. Berikut adalah 10 jenis awan yang lazim terbentuk berdasarkan ketinggiannya dari permukaan bumi:

1. Awan Stratus

jenis-awan-stratus
Awan Stratus
Awan jenis ini letaknya cukup rendah, ketinggiannya di bawah 450 meter dari permukaan bumi. Berwarna abu-abu dengan pinggirnya yang bergerigi. Awan jenis ini akan menghasilkan hujan gerimis salju.

2. Awan Kumulus

jenis-awan-kumulus
Awan Kumulus
Awan Kumulus ketinggiannya di atas 450 hingga 2.000 meter dari permukaan bumi. Bentuknya yang bergumpal-gumpal namun terpisah (tidak menyatu). Bagian dasarnya berwarna hitam dan di atasnya berwarna putih. Awan jenis ini akan menghasilkan hujan.

3. Awan Stratokumulus

jenis-awan-stratokumulus
Awan Stratokumulus
Jenis awan ini juga berada di antara 450 hingga 2.000 meter di atas permukaan bumi. Bentuknya yang bergelombang dan berwarna putih sedikit keabu-abuan. Awan jenis ini tidak membawa hujan.

4. Awan Kumulonimbus

jenis-awan-kumulonimbus
Awan Kumulonimbus
Jenis awan yang satu ini paling ditakuti para pilot karena sering menyebabkan pesawat jatuh dari dampak yang ditimbulkannya. Awan ini tergolong ke dalam jenis awan dengan ketinggian 450 hingga 2.000 meter di atas permukaan bumi. Awan ini berwarna putih namun lebih dominan hitam. Awan ini membawa badai dan menghasilkan hujan.

5. Awan Nimbostratus

jenis-awan-nimbostratus
Awan Nimbostratus
Awan jenis ini letaknya tidak terlalu tinggi, jaraknya dari permukaan bumi antara 900 hingga 3.000 meter. Warnanya cukup gelap dan lapisannya pekat. Bagian bawahnya bergerigi dan membawa hujan atau salju.

6. Awan Altostratus

jenis-awan-altostratus
Awan Altostratus
Jenis awan ini ketinggiannya sedang, yakni antara 2.000 hingga 7.000 meter dari permukaan bumi. Warnanya keabu-abuan dan terlihat tipis. Jenis awan ini bisa menghasilkan hujan.

7. Awan Altokumulus

jenis-awan-altokumulus
Awan Altokumulus
Sama halnya dengan jenis awan Altostratus, ketinggian awan Altokumulus berkisar antara 2.000 hingga 7.000 meter di atas permukaan bumi. Bentuknya yang melingkar dan bergulung-gulung seperti makaroni ini tidak menghasilkan hujan. Biasanya berwarna putih atau abu-abu.

8. Awan Sirus

jenis-awan-sirus
Awan Sirus
Awan Sirus letaknya cukup tinggi, yakni berkisar antara 5.000 sampai 13.500 meter di atas permukaan bumi. Jenis awan ini berwarna putih atau sebagian besar putih seperti sutra tipis. Bentuknya bergaris-garis dan tidak menghasilkan hujan.

9. Awan Sirostratus

jenis-awan-sirostratus
Awan Sirostratus
Jenis awan ini tergolong kelompok ketinggian antara 5.000 hingga 13.500 meter dari permukaan bumi. Awan ini sangat luas, seakan menutupi langit. Berwarna putih seperti cadar atau seperti untaian. Jenis awan ini tidak menghasilkan hujan.

10. Awan Sirokumulus

jenis-awan-sirokumulus
Awan Sirokumulus
Awan jenis ini cukup tebal mirip seperti hamparan air dengan gelombang ombak kecil. Ketinggiannya di antara 5.000 hingga 13.500 meter di atas permukaan bumi. Berwarna putih dengan memiliki kandungan butir-butir es kecil.

Itulah 10 jenis awan yang biasa menghiasi langit bumi kita tiap waktu. Mudah-mudahan dengan informasi ini akan menambah wawasan Anda mengenali peristiwa-peristiwa alam yang sering terjadi di keseharian kita.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Satu dari 10 Jenis Awan Ini Paling Ditakuti Para Pilot"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!