Fitur privacy WhatsApp Messenger memungkinkan pengguna seperti tidak melakukan aktivitas sama sekali
Banyak pengguna yang belum mengetahui cara download video Facebook di smartphone-nya
Penyebab pulsa terpotong misterius seringkali menjadi bahasan menarik di kalangan pengguna telepon seluler
Blogwalking biasa disingkat BW adalah sebuah kegiatan mengunjungi situs atau blog tertentu
All England 2019, Birmingham Arena, Inggris Menonton pertandingan bulu tangkis memang sangat mengasyikkan

Mungkinkah Lubang Hitam Sebuah Pintu Masuk ke Alam Semesta Lain?

Mungkinkah Lubang Hitam Sebuah Pintu Masuk ke Alam Semesta Lain?
Kamis, Maret 08, 2018
lubang-hitam-blackhole
lubang hitam dipercaya sebagai terowongan masuk ke alam semesta lain
Lubang Hitam merupakan wilayah di ruang angkasa yang memiliki daya tarik gravitasi sangat besar sehingga tidak ada satupun materi yang dapat lepas dari sana, bahkan juga cahaya. Lubang Hitam tidak dapat dilihat. Lubang Hitam hanya dapat ditelusuri dari jejaknya yang tertinggal pada objek terdekat.

Lubang Hitam menarik zat dari permukaan bintang, mirip alat penyedot debu. Puing-puing akan masuk ke dalam pusaran yang berputar sangat cepat di sekitar Lubang Hitam sebelum akhirnya berada di dalam dan tidak muncul lagi. Ini sama seperti air yang masuk ke dalam lubang yang sangat dalam.

Bentuk Lubang Hitam sama seperti sebuah corong. Benda-benda ditarik ke dalam corong. Sekali masuk, benda-benda itu tidak akan pernah lagi dapat keluar. Partikel-partikel, gas, dan zat-zat yang terisap dalam kumparan berbentuk spiral menuju lubang.

Ketika Lubang Hitam terletak di dekat sebuah bintang, gravitasi sangat besar yang dimilikinya akan menyedot seluruh partikel atau gas dari bintang. Semuanya ditarik ke dalam kumparan gas, yang disebut Piringan Pertumbuhan. Gas yang ada di dalam piringan tersebut sangat panas. Suhunya mencapai jutaan derajat celsius dan mengeluarkan sinar X. Sinar ini sangat kuat. Cahaya sinar X inilah yang memperlihatkan adanya Lubang Hitam.

Para ilmuan percaya bahwa Lubang Hitam terbentuk setelah sebuah bintang besar meledak dahsyat yang menandai akhir kehidupannya. Bagian-bagian terluar terlempar ke ruang angkasa. Sedangkan inti bintang yang mati tersebut, yang tidak lagi memiliki cahaya dan panas untuk mendukung kehidupannya menyusut dengan sangat cepat.

Gravitasi dari bintang mati diperkirakan menarik semua materi, kemudian menekannya dengan sangat kuat untuk membuatnya semakin kecil dan memadat. Sebuah Lubang Hitam yang sangat kecil, seukuran sebuah titik, dapat menarik materi yang cukup untuk membentuk sebuah gunung. Lubang Hitam yang sangat besar, yang diperkirakan berada di pusat galaksi, kemungkinan berisi zat-zat yang jumlahnya sama dengan puluhan juta bintang.

Beberapa Lubang Hitam kemungkinan merupakan pintu masuk ke dalam terowongan ruang dan waktu yang dikenal sebagai Lubang Cacing (wormhole). Diperkirakan, sebuah pesawat ruang angkasa dapat melakukan perjalanan dengan memasuki sebuah Lubang Cacing sehingga muncul di bagian lain alam semesta.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mungkinkah Lubang Hitam Sebuah Pintu Masuk ke Alam Semesta Lain?"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel