Begini Cara Amankan Diri saat Bom Meledak Menurut Instruktur Demolition!

bom-meledak-bagaimana-cara-amankan-diri
kuybelajar.net|Simulasi cara amankan diri saat bom meledak
Bagaimana cara amankan diri saat bom meledak? Akhir-akhir ini kita disibukkan dengan adanya bom meledak yang dilakukan oleh kelompok terorist di berbagai daerah di Indonesia. Akibat peristiwa ini membuat keamanan negara seakan terkesan lemah. Memang, teror bom ini tidak hanya terjadi pada saat ini namun, di waktu-waktu sebelumnya sudah sering kita dengar dan rasakan. Dengan kejadian ini mewajibkan kita untuk selalu mawas diri dalam menjalankan aktivitas rutin sehari-hari khususnya yang berhubungan dengan tempat-tempat umum dan keramaian.

Sebelumnya, seluruh media baik cetak maupun elektronik tak ketinggalan menjadikan kabar ini sebagai headline berita utamanya. Adanya teror bom ini tentu akan menimbulkan sugesti yang tak lazim bagi masyarakat. Rasa cemas, was-was, dan phobia pada sebuah kepercayaan atau agama tertentu akan menjadi tantangan baru dan perlu perhatian serius agar tidak menjadi masalah berkepanjangan. Tentunya, ini adalah tugas kita bersama selain kewajiban negara dalam melindungi rakyatnya dan menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa.

Setiap bom yang meledak akan menimbulkan dampak kerusakan yang bermacam-macam hingga bisa merenggut nyawa manusia. Kita tak bisa memprediksi setiap ledakan bom yang akan terjadi, kita juga tidak bisa mengetahui siapa yang akan meledakkan bom itu. Oleh karena itu, mengenal sejak dini tentang karakteristik sebuah bom sangat tepat sekali agar paling tidak dapat meminimalisir segala kemungkinan buruk yang akan terjadi pada diri kita seumpama bom meledak di dekat kita.

Dikutip dari akun facebook Max Faxzi Pakiding seorang yang pernah menjadi instruktur demolition dalam statusnya menjelaskan cara amankan diri saat bom meledak adalah dengan posisi tiarap dan selanjutnya melakukan perkiraan keadaan medan (PKM) untuk mengambil langkah berikutnya.

Berikut penjelasannya secara lengkap (diedit seperlunya tanpa menghilangkan makna) mengenai cara amankan diri saat bom meledak di dekat kita:
Kepada Yth. Warga semua. Mohon maaf, saya pernah jadi instruktur Demolition/Peledakan termasuk instruktur senjata Mortir. Saya bukan maksud menggurui, namun perlu diketahui bahwa karakteristik ledakan secara umum tentang ledakan berupa pecahan adalah: 
  • 0-50 meter adalah mematikan; 
  • 50-150 meter adalah melukai; 
  • Kecepatan pecahan ledakan kurang lebih 850 Km/jam; 
  • Sudut pecahan adalah dari titik ledak mengarah ke atas kurang lebih membentuk sudut pecahan 90 derajat; 
  • Tekanan ledakan 90% mengarah keatas dengan membentuk penyebaran sudut elevasi 90 derajat, sedangkan 10% tekanan ledakan ke bawah. 
Kesimpulan 
  1. Bahwa apabila kita mendengar suara ledakan keras mustahil kita menghindar dengan cara berlari karena kecepatan ledakan sangat tinggi. 
  2. Mempertimbangkan sudut ledakan berkisar 90 derajat. 
  3. Satu satunya cara yg terbaik bila ada suara ledakan adalah dengan cara refleks segera secepatnya ambil sikap tiarap. Selain itu sulit kita menghindar (Ini adalah ilmu prosedur standard yg senantiasa diajarkan oleh TNI dalam melaksanakan latihan). 
  4. Setelah kita tiarap segera PKT/PKM (Perkiraan Keadaan Taktik/Perkiraan Keadaan Medan) untuk mengambil langkah berikutnya. 
Catatan: Hanya itulah satu satunya cara terbaik karena tidak ada pilihan lagi. Safety Awarene 
  1. Kemanapun kalian masuk gedung, entah mall, sekolah, kantor, rumah sakit, parkiran apapun, jangan lupa untuk memperhatikan dan mengingat pintu keluar darurat yang paling dekat dengan kalian; 
  2. Dalam kondisi panik dan chaos, jangan sampai tidak bisa keluar dari lokasi karena tidak tahu jalan keluar; 
  3. Jika tiba-tiba mendengar teriakan dari seseorang yang jelas-jelas akan meledakkan bom di tempat umum, ada 2 pilihan: 1). kalau terdengar jauh, katakanlah 30 meteran lebih, boleh lari sekencangnya; dan 2). kalau terdengar dekat atau sangat dekat, jangan lari tapi segera merunduk/rebah menempel ke lantai & lindungi kepala.
Bagaimana? Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan membantu kita selalu sigap saat terjadi ledakan bom di dekat kita atau bahkan bisa menghindari dampak yang dtimbulkan oleh ledakan bom tersebut.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Begini Cara Amankan Diri saat Bom Meledak Menurut Instruktur Demolition!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!