Pulsa Terpotong Misterius? 3 Penyebab Ini Mungkin Biang Keladinya!

penyebab-pulsa-terpotong-misterius
kuybelajar.net
Penyebab pulsa terpotong misterius seringkali menjadi bahasan menarik di kalangan pengguna telepon seluler. Sepertinya, isu ini tak pernah ada habisnya untuk dibahas meskipun sudah pernah dan sering diangkat ke permukaan, dan bahkan sikap tegas Kominfo lewat BRTI selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap segala kebijakan komunikasi dan informasi di Indonesia yang disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu dengan cara mencari keuntungan sepihak tidak begitu berarti untuk memberi efek jera.

Keluhan pulsa terpotong secara misterius banyak terjadi sejak dunia internet dapat diakses melalui kartu sim (simcard) telepon genggam maupun gadget, dimana pengguna telepon dapat memanfaatkan pulsa pada kartu sim teleponnya untuk mengakses internet baik reguler maupun lewat pembelian paket internet yang tersedia oleh masing-masing operator seluler.

Mereka-mereka yang mengeluh pulsa terpotong adalah mereka-mereka yang umumnya aktif memanfaatkan layanan internet, meskipun juga bisa terjadi bagi pengguna layanan telepon atau sms saja. Para pengguna sering menyesalkan mengapa saldo pulsa tiba-tiba hilang secara misterius padahal mereka merasa tak pernah memakainya untuk panggilan atau sms.

Mengapa pulsa bisa terpotong misterius? 3 penyebab ini mungkin menjadi biang keladinya mengapa saldo pulsa sering terpotong secara misterius meskipun tak ada riwayat penggunaan telepon atau sms berbayar.

1. Layanan Konten

Layanan konten sering menjadi penyebab utama pulsa terpotong secara misterius. Layanan konten ini bisa terjadi secara disengaja atau tidak disengaja oleh penggunanya. Biasanya, layanan ini diiming-imingi dengan penawaran gratis oleh pihak pemberi konten di awal atau pertama kali registrasi, selanjutnya akan dikenakan tarif berbayar hingga waktu yang tidak ditentukan. Contoh layanan konten ini seperti langganan ring back tone (RBT) atau entertainment.

Anda dapat berhenti berlangganan layanan ini dengan cara melakukan unreg pada nomor pusat layananannya jika tak ingin pulsa terus terpotong. Layanan seperti ini mungkin boleh dikatakan sebagai layanan yang legal karena dengan sepengetahuan pengguna.

Akan sangat berbeda dengan layanan konten yang nakal dimana tanpa sepengetahuan pengguna tiba-tiba saldo terus terpotong tanpa bisa berbuat apa-apa. Layanan konten ini biasanya terjadi saat pengguna berselancar melakukan browsing internet tanpa sengaja mengeklik konten seperti mengikuti KUIS pada iklan pop up yang muncul. Langkah untuk menyetop layanan konten ini juga bisa dilakukan dengan mengirimkan sms unreg ke nomor pusat layanannya.

2. Kelebihan Pemakaian Paket Internet

Faktor ini juga menjadi salah satu penyebab pulsa terpotong misterius. Kelebihan pemakaian paket internet biasanya akan menguras saldo pulsa Anda dan biayanya dihitung berdasarkan tarif per kb pemakaian yang telah ditentukan masing-masing operator. Sebenarnya, faktor ini tidak akan efektif jika saldo pulsa Anda nol rupiah, hanya saja berdampak pada akses internet Anda yang tidak bisa berfungsi.

Kalkulasi paket internet biasanya didasarkan pada dua aspek: besaran kuota dan tenggat waktu. Sebagai contoh, Anda membeli paket internet dengan kuota 5 GB dan masa aktif selama 30 hari. Artinya, kuota tersebut hanya berlaku untuk 30 hari pemakaian sejak Anda mendaftarkan. Habis tidaknya kuota tersebut Anda gunakan akan secara otomatis lenyap jika sudah terhitung selama 30 hari (jika tidak dilakukan perpanjangan).

Begitu pula jika sebelum 30 hari penggunaan data internet Anda melebihi kuota yang diberikan, maka akan secara otomatis kelebihan pemakaian internet Anda dibebankan pada saldo pulsa Anda. Di sinilah keluhan yang sering terjadi yakni pulsa terpotong secara misterius. Oleh karena itu, periksa secara berkala paket internet dan pulsa Anda agar tidak terjadi pemotongan pulsa secara otomatis.

3. Pulsa Terpotong Misterius Akibat Biaya Retail Per kb

Pernah mendengar potongan retail per kb? Ya, kondisi ini juga salah satu penyebab pulsa Anda terpotong secara misterius. Mengapa hal ini bisa terjadi? Usut punya usut ternyata potongan biaya retail per kb terjadi akibat jaringan 4g yang Anda set di telepon genggam Anda.

Rata-rata pengguna telepon seluler saat ini telah menggunakan smartphone baik Android, blackberry, maupun ios yang sudah support jaringan 4g. Ternyata, kecepatan jaringan 4g ini sewaktu-waktu dapat menyebabkan pulsa Anda terpotong meskipun smartphone Anda tidak dalam keadaan terkoneksi ke internet.

Saya adalah orang yang baru pertama kali mengalami hal ini. Ketika saya tanyakan ke operator seluler dengan keluhan pulsa saya terpotong secara misterius, pihak operator menjelaskan jika smartphone saya kena biaya retail per kb akibat setting jaringan 4g meskipun dalam kondisi tidak terkoneksi akses internet. Antara percaya atau tidak namun begitulah penjelasannya oleh pihak operator seluler.

Lalu, apa solusinya? Lebih lanjut pihak operator menyarankan ke saya agar ketika smartphone Anda sudah support jaringan 4g atau di tempat Anda telah didukung jaringan 4g, sebaiknya setting pengaturan jaringan ke 2g (edge) untuk menghindari biaya retail per kb tersebut saat Anda sudah tidak lagi memakai/memiliki paket internet di smartphone Anda.

Bagaimana, sudah ada pencerahan? Itulah 3 penyebab yang dianggap biang keladi mengapa pulsa terpotong secara misterius di telepon seluler Anda. Semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Pulsa Terpotong Misterius? 3 Penyebab Ini Mungkin Biang Keladinya!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!