Deskripsi Blog Tidak Tampil di Laman Pencarian Google? Begini Cara Mengatasinya!

deskripsi-blog-tidak-tampil-di-laman-pencarian-google
Deskripsi blog tidak tampil di laman pencarian Google
Para blogger ber-platform blogspot baik yang masih gratisan atau yang sudah menggunakan custom domain tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah noindex pada blog yang dia punya. Blog yang mengalami masalah ini salah satunya akan berdampak pada tidak tampilnya deskripsi blog di laman pencarian Google. Saya adalah salah satu orang yang pernah merasakan masalah ini dan cukup "lelah" untuk mencari solusinya sampai akhirnya ditemukan cara mengatasinya tanpa perlu meoprek template blog.

Pada dasarnya, deskripsi blog pada laman pencarian google dapat kita aktifkan ataupun tidak. Hal itu tergantung oleh keinginan kita sendiri. Untuk mengaktifkannya, Anda tidak perlu pusing karena langkah-langkahnya cukup mudah dan sederhana (silakan lihat gambar).

deskripsi-blog-tidak-tampil-di-laman-pencarian-google
Langkah 1: mengisi di setelan dasar
deskripsi-blog-tidak-tampil-di-laman-pencarian-google
Langkah 2: mengisi tag meta deskripsi
Mungkin permasalahan yang dialami para blogger bukan bagaimana cara mengaktifkan deskripsi blog, justru deskripsi blog pada laman pencarian Google yang telah diaktifkan malah tidak bisa ditampilkan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Ada dua kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab deskripsi blog tidak tampil di laman pencarian Google. Pertama, deskripsi blog memang belum diisi dan diaktifkan oleh blogger berikut tag meta deskripsinya. Kedua, terjadi kesalahan pada setelan robot.txt maupun tag tajuk robot.

Jika Anda merasa belum pernah mengisi deskripsi dan tag meta, maka isilah terlebih dahulu. Langkahnya seperti yang sudah dijelaskan pada gambar di atas. Sedangkan untuk Anda yang mengalami masalah yang mungkin disebabkan adanya kesalahan pada setelan robot.txt dan tag tajuk robot, ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengembalikan deskripsi blog agar kembali tampil di laman pencarian Google.

Sebelum saya paparkan langkah-langkahnya, sedikit saya gambarkan tentang pengalaman saya hingga terjadi kesalahan pada setelan robot.txt atau tag tajuk robot blog saya yang menyebabkan deskripsi blog tidak tampil pada laman pencarian Google.

Saya termasuk salah seorang yang menyukai optimasi instan dalam mengelola blog agar cepat ter-index oleh google pada setiap artikel yang saya posting, bahasa umumnya search engine optimization (SEO). Asumsi saya, dengan langkah ini maka artikel tidak perlu harus dilakukan SEO manual karena toh sudah disetel sedemikian rupa dan auto optimization. Pemikiran ini membawa saya mencoba me-oprek robot.txt dan tag tajuk robot dengan bermacam-macam cara dan terbukti, beberapa postingan selalu muncul di halam pertama Google pada saat itu.

Seiring perubahan waktu dan update algoritme Google yang terus dilakukan ternyata berdampak pada deskripsi blog saya yang tidak bisa tampil di laman pencarian Google, meskipun tidak terlalu berpengaruh pada postingan-postingan yang sudah masuk Page One laman Google.

Kondisi deskripsi blog yang tidak bisa tampil ini cukup menjadi perhatian saya karena merasa ada yang salah dalam mengelolanya. Akhirnya, saya coba setel kembali robot.txt dan tag tajuk robot sebelumnya dengan setelan terbaru seperti rekomendasi mbah Google hingga deskripsi blog saya kembali tampil di laman penelusuran Google.

Pada dasarnya, agar setiap postingan bisa tampil di halaman utama Google tak bisa hanya mengandalkan setelan robot.txt atau tag tajuk robot saja. Setelan yang salah justru dapat menyebabkan blog Anda diabaikan oleh Google. Setelan standar Google adalah cara aman agar blog Anda terhindar dari noindex dan dapat ditemukan mesin telusur.

Riset keyword, sharing postingan ke media sosial, tanam backlink dofollow, blogwalking, hingga submit artikel di webmaster tools adalah sekian cara yang bisa digunakan agar postingan maupun blog bisa tampil di halaman utama pencarian mesin telusur.

Berikut adalah setelan sederhana yang bisa diterapkan pada blog Anda. Silakan Anda edit kembali robot.txt blog Anda dengan setelan seperti berikut ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /nogooglebot/
User-agent: *
Allow: /
Disallow: /search
Sitemap: https://nama blog Anda/sitemap.xml
Jangan lupa tulisan yang berwarna merah Anda ganti dengan nama blog Anda dan pastikan blog Anda sudah diaktifkan sitemap-nya. Selanjutnya, silakan atur tag tajuk robot seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa tekan/klik simpan/save setelan yang telah dilakukan.

deskripsi-blog-tidak-tampil-di-laman-pencarian-google
Pengaturan tag tajuk robot
Proses tampilnya deskripsi blog di laman pencarian Google bergantung dari banyaknya postingan yang noindex pada blog Anda. Jika sedikit, maka waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Jika banyak, maka prosesnya juga cukup memakan waktu yang lama.

Bagaimana cara mengetahui deskripsi blog tampil di laman pencarian Google? Cukup Anda ketika tulisan berikut: "site:nama blog Anda" (tanpa tanda kutip). Contoh: site:kuybelajar.net atau bisa juga dengan menuliskan pada tab pencarian Google seperti berikut ini: "info:nama blog Anda" (tanpa tanda kutip). Contoh: info:kuybelajar.net

deskripsi-blog-tidak-tampil-di-laman-pencarian-google
Cara mengecek deskripsi blog
Demikian cara mengatasi deskripsi blog yang tidak tampil di laman pencarian Google. Mungkin langkah ini bisa Anda terapkan jika ternyata ditemukan masalah yang sama seperti yang saya alami. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Deskripsi Blog Tidak Tampil di Laman Pencarian Google? Begini Cara Mengatasinya!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!