Hubungan Matahari dan Tumbuhan dalam Proses Fotosintesis

hubungan-matahari-dan-tumbuhan-dalam-proses-fotosintesis
Hubungan matahari dan tumbuhan dalam proses fotosintesis
Hubungan matahari dan tumbuhan tak dapat dipisahkan dalam proses fotosintesis. Masing-masing dari mereka memiliki peran dan fungsi yang berbeda selama proses pembuatan makanan (fotosintesis). Selain itu, matahari dan tumbuhan memiliki andil besar terhadap keberlangsungan kehidupan di muka bumi yang kita tinggali ini.

Bumi dan tempat tinggal kita ini kaya akan sumber daya alam. Salah satu jenisnya adalah tumbuhan hijau. Tumbuhan hijau adalah tumbuhan yang memiliki zat hijau daun atau klorofil. Tempat hidup tumbuhan tersebar di seluruh permukaan bumi.

Tumbuhan hijau merupakan sumber kehidupan bagi kita. Hutan sebagai tempat tumbuhnya tumbuhan hijau disebut paru-paru dunia. Hal itu disebabkan tumbuhan hijau menghasilkan oksigen yang merupakan gas penting bagi sistem pernapasan manusia.

Tumbuhan hijau mengisap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Oleh karena itu, jika kita beraktivitas di daerah yang banyak tumbuhan hijau, maka kita akan merasa nyaman karena udara yang sangat terasa segar. Berbeda dengan daerah yang penuh dengan polusi seperti di pinggiran pabrik atau perkotaan.

Selain itu, tumbuhan hijau merupakan penghasil utama bahan makanan bagi manusia. Proses tumbuhan hijau dalam menghasilkan sumber makanan serta oksigen ini disebut dengan istilah fotosintesis.

Bagaimana hubungan matahari dan tumbuhan dalam proses fotosintesis ini?

Dalam proses fotosintesis ini ternyata tidak dapat dilakukan sendiri oleh tumbuhan, selain karbon dioksida dan air, matahari memiliki peranan penting selama proses fotosintesis berlangsung. Cahaya yang dihasilkan oleh matahari membantu tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

Proses fotosintesis membutuhkan karbon dioksida dan air. Proses berlangsungnya di klorofil (zat hijau daun) dengan bantuan cahaya matahari. Proses ini menghasilkan zat makanan berupa karbohidrat dan gas oksigen.

fotosintesis
Proses fotosintesis
Oksigen bermanfaat untuk kita hirup saat bernapas dan karbohidrat dari tumbuhan kita konsumsi dalam bentuk buah-buahan, biji-bijian, umbi, dan lain-lain sebagai sumber tenaga dalam aktivitas kita sehari-hari.


Jadi, dapat kita simpulkan bahwa hubungan matahari dan tumbuhan dalam prosesnya melangsungkan fotosintesis (membuat makanan) tak dapat dipisahkan antara keduanya. Masing-masing memiliki peran dan fungsi berbeda sehingga proses fotosintesis dapat berjalan dengan baik.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Hubungan Matahari dan Tumbuhan dalam Proses Fotosintesis"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!