Segera Tukarkan Kartu ATM Anda dengan Berlogo GPN dan Dapatkan 5 Manfaat Ini!

segera-tukarkan-kartu-atm-dengan-berlogo-gpn
Seorang CS sedang menunjukan kartu ATM berlogo GPN
Sebelumnya, Bank Indonesia dan perbankan telah menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan menyelenggarakan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di 17 titik di wilayah Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Berdasarkan jadwal kampanye yang ada, kegiatan ini telah dilakukan hingga tanggal 3 Agustus 2018 kemarin. Untuk selanjutnya, akan dilakukan kegiatan serupa secara bertahap di 3 tahap berikutnya yang akan diselenggarakan hingga Oktober 2018.

Sesuai dengan tema kampanye “GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional”, dengan menggunakan kartu berlogo GPN diharapkan nasabah perbankan mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Mengapa Anda diminta untuk segera tukarkan kartu ATM atau kartu debet dengan kartu berlogo GPN?

Adapun beberapa kelebihan kartu berlogo GPN adalah biaya transaksi menjadi lebih murah dan pastinya, keamanan transaksi perbankan lebih terjamin dan antiskimming (pemalsuan identitas nasabah) oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, dengan GPN keamanan data lebih terjaga karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link). Bahkan nasabah juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemprosesan dilakukan di area domestik dan setiap bank tidak dikenakan biaya lisensi logo.

Berbeda dengan kartu berlogo master card atau visa yang biasa digunakan selama ini, dimana setiap transaksi dilakukan di luar negeri dan segala biaya atas transaksi tersebut mengalir ke perusahaan asing karena kartu-kartu tersebut dikeluarkan oleh perusahaan asing.

Berikut adalah 5 manfaat yang akan diperoleh jika menggunakan kartu ATM atau kartu debet berlogo GPN bagi setiap nasabah:
  1. Nasabah dapat mengunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.
  2. Nasabah dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.
  3. Nasabah tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).
  4. Nasabah tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).
  5. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.
Dengan hadirnya kartu ATM atau kartu debet berlogo GPN ini negara bisa menghemat hingga Rp 17 miliar per hari. Dari yang biasanya setiap bank mesti membayar Rp 25 miliar per hari menjadi Rp 7,25 miliar per hari.

Segera tukarkan kartu ATM Anda dengan berlogo GPN pada bank-bank tempat Anda menabung secepatnya untuk mendapatkan beberapa manfaat di atas.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

2 Responses to "Segera Tukarkan Kartu ATM Anda dengan Berlogo GPN dan Dapatkan 5 Manfaat Ini!"

  1. kalau tanapa mstercard dan Visa, bisa buat narik tunai di luar negeri nggak ya? soalnya sering gunain buat narik tunai ke luar negeri juga. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. BI dalam hal ini tidak memasukkan logo prinsipal internasional sehingga penggunaannya belum bisa di luar negeri. Namun, untuk kartu ATM yang masih menggunakan logo prinsipal internasional seperti Visa atau master card tetap bisa digunakan di dalam negeri.

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!