Inilah 6 Calon Pelamar CPNS 2018 yang Mendapat Prioritas Kelulusan oleh Pemerintah!

6-calon-pelamar-cpns-2018-yang-mendapat-prioritas
6 calon pelamar cpns 2018 yang mendapat prioritas
Permenpan-RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 telah resmi diundangkan. Dalam Peraturan Menteri (Permen) tersebut disebutkan bahwa terdapat 6 calon pelamar CPNS 2018 yang akan mendapat prioritas utama kelulusan oleh pemerintah. Setiap calon pelamar yang menjadi prioritas tersebut diatur berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan.

Adapun 6 calon pelamar CPNS 2018 yang mendapat prioritas kelulusan oleh pemerintah antara lain:
  1. Putra/putri lulusan terbaik dengan predikat pujian (cumlaude);
  2. Penyandang disabilitas;
  3. Putra/putri papua dan papua barat;
  4. Diaspora;
  5. Olahragawan berprestasi internasional; dan
  6. Tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori-II yang memenuhi persyaratan.
Meskipun calon pelamar CPNS 2018 yang menjadi prioritas utama adalah mereka yang masuk 6 kriteria di atas, namun tetap terbuka untuk pelamar CPNS yang berasal dari umum. Untuk penerimaan CPNS 2018 ini sendiri telah ditetapkan oleh pemerintah sebanyak 238.015 orang, yang terdiri dari 51.271 orang untuk instansi pusat dan 186.744 orang untuk instansi daerah.

Untuk lowongan CPNS 2018 ini sendiri ditetapkan sebanyak 5 bidang sasaran yang menjadi prioritas rekrutmen, antara lain:
  1. Bidang Pendidikan;
  2. Bidang Kesehatan;
  3. Bidang Infrastruktur;
  4. Jabatan Fungsional; dan
  5. Jabatan Teknis lain.
Oleh pemerintah, sistem penetapan kebutuhan CPNS tahun 2018 ini sendiri bersifat 'ZERO GROWTH' atau dengan kata lain, rekrutmen CPNS akan sama jumlahnya dengan yang memasuki masa pensiun. Artinya, penerimaan CPNS 2018 ini dilakukan untuk menutupi kekurangan yang akan terjadi karena banyak pegawai yang akan memasuki masa purna tugas, bukan menambah jumlah pegawai baru. Sistem Zero Growth ini diterapkan setidaknya untuk efisiensi dan efektivitas anggaran agar tidak membengkak serta efektivitas jumlah pegawai yang ada.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih detil mengenai 6 calon pelamar CPNS 2018 yang mendapat prioritas utama kelulusan oleh Pemerintah dan isi Permenpan-RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 secara lengkap dapat mengunduhnya pada tautan ini. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Inilah 6 Calon Pelamar CPNS 2018 yang Mendapat Prioritas Kelulusan oleh Pemerintah!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!