Download Materi, Soal, Tata Cara CAT CPNS 2018 Lengkap di Sini!

download-materi-soal-tata-cara-cat-cpns-2018-lengkap
Download materi, soal, dan tata cara CAT CPNS 2018
Masa pendaftaran CPNS 2018 di portal SSCN secara resmi ditutup tanggal 15 Oktober 2018 kemarin. Saatnya bagi pelamar mempersiapkan diri untuk menghadapi tahapan lanjutan, yakni Tes Kompetensi Dasar (TKD). Dengan catatan bahwa seleksi tahap pertama menyangkut kelengkapan berkas atau dokumen yang dipersyaratkan masing-masing instansi telah dinyatakan lulus saat pendaftaran kemarin.

Tes Berbasis Komputer

Tak berbeda dengan perekrutan CPNS tahun sebelumnya, pada tahun 2018 ini juga akan diterapkan sistem tes berbasis komputer atau yang dikenal dengan sebutan CAT (Computer Assisted Test). Untuk melalui tahap ini, setiap pelamar harus memenuhi kriteria kelulusan yang diatur berdasarkan passing grade (batas ambang nilai minimal) yang telah ditetapkan berdasarkan Permenpan Nomor 37 tahun 2018.

Untuk mempersiapkan tahapan TKD ini, BKN selaku pihak penyelenggara perekrutan CPNS seluruh Indonesia telah menyediakan layanan simulasi CAT yang dapat diikuti oleh setiap pelamar. Simulasi CAT ini diselenggarakan di beberapa tempat dengan kuota terbatas. Anda yang tak bisa mengikuti simulasi CAT secara langsung juga dapat mencobanya dengan mengakses laman layanan CAT BKN.

Tak perlu khawatir dan jangan minder jika Anda belum pernah melakukan tes berbasis komputer ini karena saat tes berlangsung nantinya, Anda akan dipandu dan dijelaskan bagaimana menggunakannya. Begitupun jika Anda mengalami masalah saat mengikuti CAT tersebut, petugas akan selalu siap membantu Anda.

Persiapkan Diri dengan Mempelajari Soal CPNS 2018

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh BKN bahwa tes kompetensi dasar (TKD) akan diselenggarakan dalam rentang waktu 26 Oktober 2018 sampai dengan 17 November 2018. Setiap pelamar mungkin akan mengikuti tes tersebut dengan waktu yang berbeda, tergantung tempat instansi yang dilamar.

Dalam mempersiapkan diri Anda mengikuti tes nantinya, pada kesempatan kali ini saya kembali berbagi kepada Anda sebuah file tentang materi, soal, tata cara CAT CPNS 2018 yang terangkum dalam All New Tes CPNS 2018/2019 yang dapat Anda download secara lengkap dan gratis di sini.

Dalam file tersebut Anda bisa mempelajari mulai dari informasi perekrutan CPNS 2018, prosedur pelaksanaan dan tata cara CAT, materi TKD, bentuk-bentuk soal TKD lengkap dengan pembahasan dan kunci jawabannya. Silakan di-download pada tautan yang sudah saya sertakan di atas.

Untuk Anda yang ingin mempelajari jenis soal TKD yang lain juga dapat men-download-nya pada link ini atau di sini untuk bentuk soal psikotest.


Tips Menghadapi Tes TKD

Tak semua orang dapat mengikuti tes dengan baik, terlebih jika persiapan pada dirinya kurang matang. Bahkan kendala kurangnya pengetahuan tentang hal-hal yang baru bisa menyebabkan proses tes yang Anda ikuti terganggu.

Berikut sedikit tips yang mungkin bisa Anda terapkan dalam menghadapi tes kompetensi dasar nantinya:
  1. Persiapkan diri Anda dengan mempelajari materi dan soal-soal CPNS 2018 sebagai bekal tes nantinya;
  2. Tak ada salahnya Anda mencoba layanan simulasi CAT terlebih dahulu. Jika tidak, Anda juga dapat mempelajari tata caranya secara manual bagaimana menggunakan CAT;
  3. Jangan lupa berdoa;
  4. Pastikan identitas Anda sudah diisi dengan benar;
  5. Tetap tenang, rileks, dan fokus saat mengikuti tes;
  6. Jawablah soal-soal yang mudah terlebih dahulu agar waktu dapat lebih efisien;
  7. Jika mengalami masalah, jangan lupa menghubungi petugas CAT;
  8. Pastikan sekali lagi identitas Anda sudah benar dan tepat dan nomor soal sudah rampung terjawab sebelum mengakhiri tes.

Hasil dari jawaban Anda akan secara langsung dapat dilihat saat Anda konfirmasi mengakhiri tes nantinya. Sehingga, lolos tidaknya Anda pada tes kompetensi dasar ini murni dari hasil upaya dan usaha Anda menjawab setiap soal yang ada.

Jangan Lupa Follow KuyBelajar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru!

0 Response to "Download Materi, Soal, Tata Cara CAT CPNS 2018 Lengkap di Sini!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!