Fitur privacy WhatsApp Messenger memungkinkan pengguna seperti tidak melakukan aktivitas sama sekali
Banyak pengguna yang belum mengetahui cara download video Facebook di smartphone-nya
Penyebab pulsa terpotong misterius seringkali menjadi bahasan menarik di kalangan pengguna telepon seluler
Blogwalking biasa disingkat BW adalah sebuah kegiatan mengunjungi situs atau blog tertentu
All England 2019, Birmingham Arena, Inggris Menonton pertandingan bulu tangkis memang sangat mengasyikkan

Yuk, Mengenal Fitur Baru WhatsApp Messenger dan Fungsinya!

Yuk, Mengenal Fitur Baru WhatsApp Messenger dan Fungsinya!
Sabtu, Januari 12, 2019
WhatsApp atau biasa disebut WA adalah salah satu aplikasi messenger terpopuler saat ini. Jika merujuk data yang ditampilkan di pusat download smartphone android, Play Store, WhatsApp merupakan aplikasi messenger dengan kategori Top Free Communication. Sehingga, tidak salah jika aplikasi ini disebut sebagai aplikasi messenger paling populer dibanding aplikasi lain yang sejenis.

fitur-baru-whatsapp-messenger
WhatsApp Messenger menjadi Top Free Communication

Saat ini, WhatsApp Messenger sudah menjadi anak perusahaan Facebook. Sebuah perusahaan yang dicetus oleh Mark Zuckerberg ini telah resmi mengakuisisi WhatsApp Messenger dari Jam Koum pada tanggal 6 Oktober 2014 silam.

Lalu, apa saja fitur baru dari aplikasi WhatsApp Messenger ini? Dan apa saja fungsi dari fitur tersebut? Mari kita kupas lebih dalam!

Media Visibility


Fitur ini berfungsi untuk memberikan pilihan pada Anda apakah kumpulan media khususnya foto dan video yang di-share teman-teman Anda baik lewat chat pribadi maupun grup ingin ditampilkan atau tidak di galery smartphone Anda.

Jika Anda memberikan tanda centang, artinya Anda ingin agar foto dan video ditampilkan di galery. Sebaliknya, jika kotak pilihan tidak Anda centang, maka media berupa foto atau video tidak akan ditampilkan di galery.

Untuk mengatur fitur ini, silakan Anda buka WhatsApp Messenger, lalu pilih tanda titik tiga di pojok atas sebelah kanan, kemudian pilih setting/pengaturan, lalu tekan dropdown menu "chat". Dari sana sudah terlihat submenu Media Visibility. Silakan Anda centang kotak pilihan untuk mengaktifkannya atau kosongkan jika tidak menginginkannya.

fitur-baru-whatsapp-messenger
Fitur Media Visibility di WhatsApp Messenger

Saya kira fitur ini sangat berguna bagi Anda yang tidak ingin foto-foto atau video tidak langsung tampil di galery smartphone Anda. Paling tidak untuk melindungi foto atau video yang sedikit vulgar dari kiriman teman yang iseng. Hehehe...

Lantas, jika tidak tampil di galery, bagaimana mengakses foto atau video yang sudah di-download tadi, bukan begitu?

Ada dua cara yang bisa digunakan. Yang pertama, Anda bisa mengaksesnya secara langsung pada aplikasi WhatsApp Messenger itu sendiri. Kelemahan cara ini adalah saat percakapan sudah terlampau banyak, Anda akan mengalami kesusahan mencari foto atau video tersebut.

Yang kedua, Anda dapat mengaksesnya melalui "pintu belakang". Maksudnya? Anda dapat memanfaatkan aplikasi bawaan smartphone Anda yang bernama "files" atau "berkas" (tiap smartphone mungkin berbeda-beda penamaannya).

fitur-baru-whatsapp-messenger
Temukan aplikasi bawaan di smartphone Anda bernama files atau berkas

Silakan Anda buka aplikasinya lalu pilih lokasi penyimpanan instalasi WhatsApp Messenger Anda. Dalam hal ini, setiap smartphone mungkin berbeda lokasinya, bisa di internal storage (Rom) atau external storage (kartu memori), tergantung saat Anda melakukan instalasi. Jika pertama kali membuka aplikasi ini, silakan cek satu-satu lokasinya dan temukan folder dengan nama "WhatsApp". Jika sudah ketemu, pilih saja folder tersebut kemudian pilih lagi "media".

fitur-baru-whatsapp-messengerfitur-baru-whatsapp-messenger


Dari sana Anda bisa melihat kumpulan beberapa folder. Pilih saja folder yang ingin dibuka. Jika ingin membuka foto pilih folder "WhatsApp Images" dan pilih lagi folder "Private". Folder Private ini adalah kumpulan foto yang Anda download yang tidak ditampilkan pada galery smartphone Anda. Begitu juga untuk mengakses file yang lain, tinggal pilih nama folder-nya, Ok?

fitur-baru-whatsapp-messengerfitur-baru-whatsapp-messenger

Wallpaper


Fitur ini sebenarnya sudah ada baik pada versi WhatsApp Messenger terdahulu maupun sekarang. Fitur ini sangat tepat digunakan. Fungsinya untuk mempercantik tampilan background (layar belakang) saat Anda berinteraksi (chatting) dengan teman-teman Anda, baik secara pribadi maupun grup.

fitur-baru-whatsapp-messenger
Fitur wallpaper membuat chat Anda tampak semakin cantik

Untuk mengatur wallpaper chatting ini, silakan Anda buka WhatsApp Messenger, lalu pilih tanda titik tiga di pojok atas sebelah kanan, kemudian pilih setting/pengaturan, lalu tekan dropdown menu "chat" kemudian pilih wallpaper. Saat Anda menekan submenu "wallpaper" tersebut, maka Anda akan diberi opsi untuk mengambil gambar yang akan dijadikan background nantinya. Pilih saja opsi "galery" jika ingin mengambil gambarnya dari sana. Selanjutnya, silakan pilih gambar kesayangan Anda untuk dijadikan background chatting-nya.

Sticker


Fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi WhatsApp Messenger versi terbaru. Fungsinya hanya menambah keseruan chat Anda bersama teman-teman Anda baik secara pribadi maupun pada grup WA Anda.

Fitur ini dapat Anda lihat saat chat sedang berlangsung. Untuk mendapatkannya, Anda bisa download sticker yang telah tersedia secara gratis di aplikasi WA tersebut atau dengan men-download dan menyimpannya dari hasil kiriman teman.

fitur-baru-whatsapp-messenger
Fitur sticker semakin menambah keceriaan Anda menggunakan WhatsApp Messenger

Selain itu, Anda juga bisa membuat sticker sendiri dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Silakan Anda download di Play Store aplikasi Personal Stickers for WhatsApp.

Ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin membuat sticker WhatsApp Messenger sendiri. Anda harus mengedit image dengan format .png karena selain format ini sepertinya tidak akan berhasil. Silakan Anda berkreasi sendiri dan kirimkan sticker keren kepada teman-teman Anda.

Media Auto-download


Sama halnya dengan fitur "wallpaper", fitur media auto-download sebenarnya juga telah tersedia pada versi WhatsApp Messenger terdahulu maupun yang terbaru. Saya pikir, fitur ini juga memiliki peranan penting dalam percakapan Anda bersama teman-teman Anda.

Jika Anda menginginkan foto, video, audio, atau dokumen tidak ingin ter-download otomatis, maka fitur inilah "biangnya". Saya berasumsi, fitur ini sangat berperan penting untuk menjaga kestabilan smartphone Anda karena sebagian besar pengguna sering mengeluh terasa berat sekali dan loading cukup lama saat menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger. Saya pikir penyebabnya karena storage (penyimpanan) yang hampir penuh gara-gara file ter-download secara otomatis.

Untuk mengatur fitur ini, silakan pilih tanda titik tiga di pojok bagian atas sebelah kanan, lalu tekan setting/pengaturan, kemudian pilih "data and storage usage". Selanjutnya, silakan perhatikan submenu "media auto-download". Terdapat 3 opsi pilhan, meliputi: When using mobile data, When connected on WI-FI, dan When Roaming.

When using mobile data bermakna ketika menggunakan jaringan internet melalui smartphone Anda. When connected on WI-FI berarti saat Anda menggunakan jaringan internet melalui device lain (nebeng memanfaatkan jaringan hotspot). Dan When roaming menandakan saat Anda berada di luar negeri dan menggunakan internet dengan jaringan pemberi jasa di dalam negeri.

Dari masing-masing ketiga opsi di atas, silakan Anda atur apakah foto, video, audio, atau dokumen ingin ter-download secara otomatis atau tidak dengan memberi tanda centang dan atau mengosongkan tanda centang pada kotak pilihan yang tersedia. Anda pun juga bisa mem-filter sendiri, mana saja yang ingin ter-download secara otomatis.

fitur-baru-whatsapp-messenger
Jika kotak pilihan Anda centang, maka foto, audio, video, ataupun dokumen akan secara otomatis ter-download

Jika Anda mengaturnya agar tidak ter-download secara otomatis, maka Anda dapat men-download-nya secara manual dengan mengeklik tanda anak panah saat membuka aplikasi WhatsApp Messenger. Biasanya, tampilannya akan terlihat blur (buram).

fitur-baru-whatsapp-messenger
Media yang tampil akan terlihat buram (blur). Tekan saja tanda anak panah untuk men-download

Oh ya, untuk voice message (pesan suara) akan secara otomatis ter-download saat teman atau Anda melakukan chatting. Jadi, khusus untuk pesan suara tidak ada fitur setting-nya.

Dan perlu diingat bahwa file foto dan video yang ter-download atau di-download secara manual akan secara langsung muncul di galery smartphone Anda. Jika tidak ingin ditampilkan secara langsung, silakan Anda gunakan fitur "media visibility" yang sudah dijelaskan di atas.

Baik, saya rasa cukup sekian dulu informasinya. Semoga bermanfaat! Jika ada yang kurang jelas dapat kita diskusikan pada kolom komentar di bawah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Yuk, Mengenal Fitur Baru WhatsApp Messenger dan Fungsinya!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel