Begini Cara Request Index Postingan di Webmaster Google Terbaru

Begini Cara Request Index Postingan di Webmaster Google Terbaru
Jumat, Maret 29, 2019
request-index-webmaster-google
Cara Request Index postingan di Webmaster Google terbaru
Para blogger tentu bertanya-tanya bagaimana cara request index postingan di webmaster Google terbaru. Setelah sebelumnya fitur submit artikel/postingan di webmaster dinonaktifkan oleh Google, saat ini, terhitung sejak tanggal 29 Maret 2019, kembali si mbah memperlihatkan "kekuasaannya" dengan menonaktifkan fitur Fetch as Google di laman webmaster-nya.

Fitur Fetch as Google tidak tersedia lagi di laman webmaster versi sebelumnya dan blogger diarahkan untuk mengakses laman webmaster terbarunya yang memang juga tidak ada lagi fitur tersebut. Kebijakan ini saya pikir karena Google tengah melakukan pembaruan algoritme-nya.

Semua fitur-fitur di atas tentunya sangat berarti bagi blogger untuk mengoptimasi postingannya agar cepat terindex di mesin pencarian. Sehingga, pada mesin pencarian Google, artikel yang ia buat bisa bertengger di halaman utama saat pencari informasi memasukkan kata kunci tertarget.

Lantas, dengan dinonaktifkannya fitur-fitur tersebut akan mempersulit artikel yang telah Anda posting terindex? Banyak blogger beranggapan demikian. Namun, ada juga yang menyatakan tidak terlalu berpengaruh.

Mereka yang menganggap tak terlalu berpengaruh punya alasan tersendiri tentunya. Ya, mereka beralasan konten berkualitas adalah faktor utamanya. Karena pengindexan postingan tidak mutlak mengacu pada fitur-fitur di atas.

Seperti apa konten berkualitas itu? Mereka yang sudah lama menggeluti dunia blogger sering menekankan bahwa sebuah artikel itu harus original (bukan copas), unik, membuat tulisan paling tidak 300 kata (tulisan panjang dianggap lebih bagus), dan tentunya dibuat berdasarkan penerapan keyword yang tepat melalui reset keyword terlebih dahulu.

Dalam hal penerapan keyword, beberapa blogger berpengalaman menjelaskan bahwa terdapat 3 (tiga) bagian peletakkan keyword yang harus selalu ada dimuat dalam sebuah artikel, antara lain: judul, image, dan paragraf.

Dengan begitu, mesin pencari dengan sendirinya akan lebih mudah melakukan pengindexan postingan tanpa harus request index pada fitur-fitur yang telah disebutkan di atas. Dan mereka yang berada di pemikiran ini menganggap bahwa fitur submit maupun Fetch as Google adalah langkah pendukung untuk lebih mempercepat pengindexan artikel.

Berbicara mengenai pengindexan artikel, tentu kita akan kembali diingatkan dengan 2 (dua) jenis teknik optimasi, yakni: SEO Onpage dan SEO Offpage. Membuat artikel yang berkualitas adalah salah satu langkah penerapan teknik SEO Onpage. Sedangkan membagikan postingan ke media sosial, blogwalking (BW), nitip backlink, dan pemanfaatan fitur pengindexan adalah bagian dari langkah optimasi tulisan dengan teknik SEO Offpage.

Baik, sekarang kita kembali bagaimana caranya request index postingan di halaman webmaster Google terbaru agar artikel yang telah di-publish setidaknya lebih cepat terindex pada mesin pencarian. Silakan ikuti panduan berikut:
  1. Login ke halaman webmaster Google;
  2. Bagi Anda yang login di versi lama, silakan klik submenu crawl dan pilih Fetch as Google. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman webmaster versi terbaru. Klik saja link yang disediakan;
  3. Untuk Anda yang login di versi webmaster terbaru, abaikan langkah kedua di atas dan langsung ke langkah 4 di bawah ini;
  4. Silakan Anda klik ikon "search" (pencarian) atau klik menu burger lalu pilih "URL Inspection" kemudian masukkan URL Postingan Anda dan tekan "enter";
    request-index-webmaster-google
    Tekan ikon "Search" atau klik menu "URL Inspection"
  5. Selanjutnya, silakan tunggu hingga mesin menginspeksi URL tersebut. Jika notifikasi yang muncul "URL is not on Google" maka klik (pilih) saja kata "Request Indexing" dan tunggu hingga prosesnya selesai (estimasi waktu antara 1-2 menit). Nanti akan muncul notifikasi bahwa request index artikel Anda berhasil dilakukan.
    request-index-webmaster-google
    Tekan "Request Indexing"
Saya pikir, sampai langkah ini, artikel yang telah Anda publish telah masuk di pengindexan mesin pencarian si mbah Google. Dan tentunya, pemanfaatan fitur ini hanyalah salah satu dari sekian banyak cara untuk mengoptimasi postingan Anda. Semoga bermanfaat!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Begini Cara Request Index Postingan di Webmaster Google Terbaru"

  1. Lah iya bner, sejak versi lama juga sdh tdk bisa dibuka, saya bingung nyari menu fetching nya, trnyata oh trnyata.
    Makasih shaingnya masbro

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel