Fitur privacy WhatsApp Messenger memungkinkan pengguna seperti tidak melakukan aktivitas sama sekali
Banyak pengguna yang belum mengetahui cara download video Facebook di smartphone-nya
Penyebab pulsa terpotong misterius seringkali menjadi bahasan menarik di kalangan pengguna telepon seluler
Blogwalking biasa disingkat BW adalah sebuah kegiatan mengunjungi situs atau blog tertentu
All England 2019, Birmingham Arena, Inggris Menonton pertandingan bulu tangkis memang sangat mengasyikkan

Prosedur Pengurusan SIM yang Hilang

Prosedur Pengurusan SIM yang Hilang
Kamis, Mei 16, 2019
Prosedur pengurusan SIM yang hilang dapat dilakukan hanya di Satpas yang ada di wilayah terdekat. Sebelum mengurus SIM hilang, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk memenuhi kelengkapan dokumen terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan nantinya Anda pun juga harus menggunakan sidik jari dan tanda tangan pada SIM yang baru. 

prosedur-pengurusan-sim-yang-hilang
Mengurus SIM yang hilang sama halnya seperti Anda memulai pengajuan SIM baru
Untuk biaya hampir sama dengan biaya untuk memperpanjang SIM, karena Anda harus membayar biaya tes kesehatan, biaya asuransi dan syarat yang lainnya seperti KTP, mengisi formulir permohonan pergantian SIM baru karena hilang, surat kehilangan dari kepolisian, apabila Anda memiliki fotokopi SIM, bahwa Anda bisa membawanya. 

Prosedur dalam pengajuan pembuatan SIM baru yaitu sebagai berikut: 
  • Sebelum melakukan pengurusan sim yang hilang, Anda dapat datang ke kantor polisi terdekat dan meminta surat keterangan kehilangan. Pada saat itu juga, polisi akan meminta keterangan atau kronologi yang telah menyebabkan SIM menjadi hilang. Anda harus mengatakannya dengan jujur, dan prosesnya selama 15 menit saja.
  • Apabila surat keterangan kehilangan sudah Anda dapatkan, maka lengkapi persyaratan seperti yang ada di atas. Setelah itu barulah Anda pergi ke Satpas seperti membuat SIM baru maupun memperpanjang SIM.
  • Jangan lupa untuk membuat surat keterangan kesehatan di lokasi Satpas. Tes kesehatan yang dilakukan ini berupa seperti tes mata, tes tinggi badan, berat badan yang lainnya.
  • Setelah itu, barulah Anda melakukan pengurusan Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi. Sedangkan untuk biayanya pun juga cukuplah murah, karena Anda hanya cukup mengeluarkan uang dengan biaya Rp 30.000 saja.
  • Anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi seluruh formulir yang telah disediakan. Kemudian Anda dapat mengisi formulir dengan berkas -berkas yang telah Anda bawa. Setelah itu Anda akan mendapatkan formulir sebagai pembayaran biaya dalam pengurusan SIM yang hilang. 
Penting bagi Anda untuk memiliki SIM pada saat Anda ingin nyaman dan aman ketika berkendara di jalanan. Sedangkan memiliki mobil di zaman yang modern ini sudah menjadi hal yang wajar, karena mengingat bahwa untuk Harga mobil bekas yang ditawarkan di pasaran pun juga cukuplah murah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Prosedur Pengurusan SIM yang Hilang"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel