Perbarui Fitur, Begini Cara Setting dan Fungsi Privacy WhatsApp!

Perbarui Fitur, Begini Cara Setting dan Fungsi Privacy WhatsApp!
Jumat, Juni 07, 2019
cara-setting-dan-fungsi-privacy-whatsapp
Fitur privacy WhatsApp Messenger memungkinkan pengguna seperti tidak melakukan aktivitas sama sekali
Karena sifatnya yang terintegrasi dengan nomor telepon, hampir semua pengguna telepon pasti memiliki akun WhatsApp Messenger ini. Sehingga tidak salah jika aplikasi ini menjadi media sosial yang paling populer dibanding media sosial lainnya.

Jangan lupa baca: Chatting WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Kontak? Begini Caranya!

Kalian yang telah lama menggunakan aplikasi ini tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur yang tersedia, bukan? Selain penambahan fitur baru, aplikasi ini juga sering melakukan pembaruan fitur lamanya.

Dan tahukah kalian jika WhatsApp Messenger sudah memperbarui fitur privacy penggunanya? Jika belum, yuk, kalian cek fitur privacy yang baru saja diperbarui pada aplikasi WhatsApp Messenger masing-masing atau dengan mengikuti penjelasan di bawah ini.

Bagi sebagian orang, WhatsApp Messenger adalah media komunikasi yang cukup efektif selain sms maupun telepon. Pengguna dapat berkirim kabar, mencari informasi, atau melakukan chat dengan pengguna lain. Bahkan dengan aplikasi ini pengguna juga dapat melakukan panggilan baik melalui panggilan biasa maupun video. Namun, dibalik kemudahan penggunaan dan banyaknya fitur yang ditawarkan tidak serta merta membuat pengguna merasa nyaman menggunakannya.

Kalian yang eneg ditanyai terus-menerus atau tak ingin diganggu oleh pengguna lain tentu akan berfikir bagaimana caranya agar aktivitas Anda di WhatsApp tidak diketahui orang lain atau bahkan dianggap non aktif, bukan begitu?

Dalam hal menjunjung tinggi privasi, kini, melalui update aplikasi terbaru, WhatsApp Messenger telah memberikan beberapa opsi pengaturan privasi bagi penggunanya yang meliputi: last seen, profile photo, about, status, dan read receipts. Fitur privacy tersebut dapat kalian manfaatkan sesuai yang diinginkan melalui opsi yang tersedia.

cara-setting-dan-fungsi-fitur-privacy-whatsapp
Berikut cara setting dan fungsi masing-masing fitur privacy WhatsApp Messenger di atas:

  • Last seen, menjelaskan bahwa aktivitas kalian terakhir kali menggunakan WhatsApp Messenger. Ketika di-set publik (everyone), maka akan tampak terlihat informasinya di bawah nama akun kontak Anda. Dan akan bertolak belakang jika fitur ini diset tidak terlihat (nobody), maka selain pengguna lain tidak dapat melihat aktivitas terakhir Anda, Anda pun juga tidak akan bisa melihat aktivitas terakhir kontak Anda.
  • Profile photo, memungkinkan pengguna lain dapat melihat foto profil akun WhatsApp Anda. Jika diset nobody (tidak terlihat), maka akun Anda terlihat seperti tidak memiliki foto profil meskipun sebenarnya foto profil Anda pasang.
  • About, sebuah informasi yang menjelaskan tentang keadaan Anda. Fitur ini juga memiliki opsi apakah ditampilkan atau tidak. Fitur ini sebenarnya meski diatur Tidak Terlihat (nobody) melalui fitur privacy, jika kolom About tidak Anda isi di halaman depan akun Anda, secara otomatis informasi diri Anda juga tidak akan terlihat oleh pengguna lain.
  • Status, merupakan sebuah informasi ter-update yang bisa Anda buat agar tampil di halaman status WhatsApp Messenger Anda. Fitur ini juga bisa Anda tampilkan ke publik atau tidak.
  • Read receipts, adalah informasi penting buat Anda untuk mengetahui apakah pesan yang Anda kirim sudah terbaca atau tidak oleh lawan chat/pengguna lain. Anda bisa set fitur ini dengan memilih opsi "hidupkan" atau matikan". Tentunya, fitur ini juga akan berpengaruh pada fitur "status" yang Anda buat. Jika Anda memilih untuk mematikan fitur ini, maka informasi orang yang membaca "status" Anda juga tidak akan ditampilkan oleh sistem.


Perlu Anda ketahui bahwa dalam mengirim pesan lewat WhatsApp Messenger terdapat 4 kondisi status pengiriman, antara lain: ikon jam, centang 1 kali, centang 2 kali, dan centang 2 kali berwarna biru.

Ketika pesan ditandai dengan ikon jam, mengindikasikan bahwa pesan Anda tidak terkirim, silakan periksa koneksi jaringan internet smartphone Anda. Centang 1 kali menandakan bahwa pesan telah berhasil dikirim namun belum sampai di WhatsApp penerima. Faktornya mungkin penerima sedang tidak dalam kondisi online. Lain lagi dengan centang 2 kali, tanda ini menginformasikan bahwa pesan telah dikirim dan sampai di WhatsApp penerima namun belum dibaca. Sedangkan centang 2 kali berwarna biru adalah status sempurna pengiriman pesan Anda. Pesan telah terkirim, sampai, dan dibaca penerima.

Untuk melakukan pengesetan fitur privacy ini, Anda cukup pilih menu titik tiga di bagian pojok atas sebelah kanan, kemudian pilih dropdown menu "setting" (pengaturan), lalu pilih submenu "account", selanjutnya pilih lagi submenu "privacy", maka akan terpampang deretan submenu last seen, profile photo, about, status, dan read receipts. Silakan klik masing-masing submenu tersebut untuk mengesetnya.

Terdapat 3 opsi yang tersedia setiap submenu di atas Anda tekan/klik sebagai pilihan Anda, yakni: everyone (publik/terlihat), my contact (hanya kontak Anda yang melihat), dan nobody (tidak terlihat). Silakan Anda pilih opsinya sesuai yang Anda inginkan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbarui Fitur, Begini Cara Setting dan Fungsi Privacy WhatsApp!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel