Patut Dicoba! 3 Usaha Menghasilkan Uang dari Blog Selain Adsense

Patut Dicoba! 3 Usaha Menghasilkan Uang dari Blog Selain Adsense
Selasa, September 17, 2019
Awal-awal terjun dunia blog gara-gara ngiler liat teman banyak dapat duit dari adsense. Nyari peruntungan bikin blog bermaksud untuk daftar ke adsense. Udah daftar nunggu jawaban nyatanya "ditolak" (sakit emang). Coba daftar lagi, dan lagi-lagi ditolak, hadeh... 😭 (mulai frustasi).

Uang blog adsense
Menghasilkan uang dari blog tidak hanya sebagai publisher adsense. Banyak alternatif lain yang bisa dimanfaatkan dari blog seperti menjadi writer, buat jasa sponsored post, atau ikutan lomba

Nyari referensi gimana daftar adsense biar di-approve sama mbah, terus coba peruntungan lagi siapa tau kali ini berhasil.

Dan taraaaaa..... !!! "Selamat, akun Anda telah sepenuhnya diterima sebagai partner penayang iklan dari kami!" (Demikian mungkin bunyi ucapan selamat dari Adsense meskipun tidak tepat sepenuhnya).

(Sambil jungkir balik kegirangan) "Ternyata usaha dan pengorbananku selama ini tidak sia-sia" (overproud-nya 1 bulan gak hilang-hilang).

Saatnya, bikin iklan dan pasang di blog. Jrengg!!! 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, hingga 1 tahun lebih... "kok, duitnya belum cair-cair ya dari adsense?" Hadehhhh...!!! 😪

Gimana mau dapat duit, wong tukang kunjungi blog sampean kaga ada??? Emang siapa yang bakal liat iklan sampean? Hmmmmm... capek...!!!

Mangkanya, kalau gak kuat gak usah sok-sokan nge-blog lah... apalagi hanya berharap dapat duit dari adsense.

Coba deh niatin nge-blog itu untuk berbagi informasi, pasti hatinya adem. Nyari duit dari blog emang gak ada yang larang kok. Cumaaaaa... gak mesti adsense aja kaliiii??

Lantas, bagaimana cara kita menghasilkan uang dari blog selain adsense? Tenang, banyak kok kesempatan nyari duit lewat blog tanpa harus sepenuhnya berharap dari Adsense. Gak percaya? Ini saya bocorin:

Blog Writer


Jika kamu suka menulis, manfaatkan saja keahlianmu merangkai kata itu dengan membuka jasa penulis. Kamu bisa jadi seorang penulis berbayar kok. Bahasa kerennya blog writer kali ya? 😄 Kamu bisa memberi tahu teman atau para blogger jika kamu bisa mengisi post-post blog mereka dengan tulisanmu yang handal itu.

Perlu kamu ketahui bahwa menjadi blogger itu tidak seutuhnya sebagai pekerjaan utama seseorang. Ada yang sebatas iseng saja, namun ada pula karena kebutuhan bisnisnya. Sehingga, agar tidak terjadi kekosongan artikel, mereka dapat memanfaatkan bakat tulisan kamu untuk berkontribusi di blog mereka.

Selain itu, mereka yang wajib memesan tulisan juga disebabkan karena terbentur pada pekerjaannya yang lain. Sehingga, waktu yang tersedia untuk menulis hampir tidak ada. Bahkan sifat "malas" manusia juga selalu menyelimuti ruang dan waktu, termasuk dalam dunia blogging, hehehe.. Jadi, wajar saja jika mereka lebih memilih memesan artikel dari pada menulisnya sendiri.

Meskipun jasa blog writer saat ini cukup banyak, hal itu bukan sebuah masalah menurut saya karena para blogger biasanya mencari jasa penulis yang berkualitas untuk kebutuhan post artikel mereka.

Untuk memudahkan para blogger memesan artikel dari kamu, jangan lupa membuat paket penulisan terlebih dahulu (semacam di KFC gitu kali ya?). Kamu bisa mematok tarif sesuai banyaknya kata yang akan kamu tulis.

Sponsored Post


Lewat blog yang kamu kelola, kamu juga bisa membuka jasa content placement (sponsored post) loh.. Apaan tuh? Sejenis jasa masang iklan (endorse) gitu... Untuk jasa jenis ini biasanya ada dua sih. Pertama, artikelnya dari kita sendiri yang nulis sesuai brief yang disediakan oleh klien terus di-publish atau kedua, artikel sudah ada dari klien dan tugas kita hanya publish saja di blog.

Biasanya, mereka yang menitip sponsored post di blog kamu mengacu pada persyaratan internal mereka. Blog yang kamu miliki paling tidak mempunyai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang tinggi. Atau bisa juga didasarkan pada besaran jumlah PV (Page View) baik perhari atau perbulan.

Sponsored post ini sendiri dalam artikelnya, baik yang ditulis sendiri maupun yang tinggal publish umumnya memuat eksternal link yang mengarah ke blog/web klien pada kata kunci (keyword) tertentu.

Jadi, untuk mendapatkan sponsored post ini yang perlu kamu ketahui adalah bahwa blog kamu harus memiliki DA dan PA yang tinggi atau paling tidak trafik pengunjung di blog kamu cukup rame, hmmmmm 😏

Ikutan lomba


Pernah ikutan lomba menulis brand atau review sebuah produk? Jika belum, cobain deh sesekali ikutan lombanya. Banyak kesempatan hadiah yang bakal didapat. Tidak hanya uang loh yang bisa kamu dapatkan. Beberapa penyelenggara lomba juga biasanya menyediakan berbagai hadiah menarik lainnya yang bisa dimenangkan.

Lomba blog ini sendiri sebenarnya macam-macam jenisnya tergantung dari penyelenggara kegiatan. Ada lomba murni berupa tulisan saja mengenai endorse sebuah produk dan ada juga yang sifatnya ekspert, yakni selain tulisan endorse kamu juga harus mengetahui seluk-beluk SEO (Search Engine Optimatization). Orang-orang menamai lomba ini dengan sebutan SEO Contest.

Saya pikir, mengikuti lomba merupakan kesempatan mengasah keterampilan kamu merangkai kata. Meskipun kesempatan menang itu kecil karena harus bersaing dengan penulis lain, tak ada salahnya untuk mencobanya, bukan begitu?

Segitu dulu ya informasinya. Semoga untuk kalian yang baru bergabung dengan dunia blog dapat termotivasi untuk memberikan ilmu pengetahuan bermanfaat sekaligus sebagai sarana informasi yang tepat dalam membantu mewujudkan program literasi nasional.

Mudah-mudahan beberapa informasi alternatif di atas dapat kamu pertimbangkan untuk mengembangkan blog dalam mendapatkan uang selain adsense.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Patut Dicoba! 3 Usaha Menghasilkan Uang dari Blog Selain Adsense"

  1. Selain adsense, pendapatan blog saya banyak dari content placement

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak jauh beda keknya mas dengan saya. Sebagian income saya juga berasal dari CP

      Hapus
  2. Pengen nyoba yang ikut lomba tpi skill belum mempuni,, jdi masih ngandelin adsense

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel