Sah, Rekrutmen CPNS Dipastikan Oktober 2019 dan Juli 2020!

Sah, Rekrutmen CPNS Dipastikan Oktober 2019 dan Juli 2020!
Thursday, October 03, 2019
Ada kabar baik bagi Anda yang mendambakan ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dipastikan diselenggarakan pada bulan Oktober 2019 ini.

rekrutmen cpns 2019
Berdasarkan Surat Edaran Kemenpan-RB bahwa rekrutmen CPNS dipastikan Oktober 2019. (foto ilustrasi CAT)
Menurut Surat Edaran dari Kemenpan-RB Nomor B/1007/S.SM.01.00/2019 tertanggal 01 Oktober 2019 itu juga disebutkan bahwa rekrutmen CPNS Aparatur Sipil Negara tidak hanya dilakukan pada tahun ini, tetapi akan dilanjutkan pada tahun depan, tepatnya pada bulan Juli 2020.

Artinya, Anda memiliki dua kesempatan untuk lulus menjadi seorang ASN. Oleh karena itu, pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Dalam surat tersebut juga disebutkan jadwal rekrutmen CPNS, namun tidak ada kepastian tanggal pelaksanaannya. Jadwal yang ada hanya gambaran umum rencana kerja rekrutmen CPNS ASN 2019 yang dipastikan akan mulai dilaksanakan pada bulan Oktober ini.

Jadwal rekrutmen CPNS ASN 2019 berdasarkan surat edaran Kemenpan-RB di atas meliputi:

  1. pengumuman rekrutmen (Oktober-November 2019);
  2. masa pendaftaran (November 2019);
  3. pengumuman hasil seleksi administrasi (Desember 2019);
  4. masa sanggah dan pengumuman jadwal SKD (Januari 2020);
  5. pelaksanaan SKD (Februari 2020);
  6. pengumuman hasil SKD dan pelaksanaan SKB (Maret 2020);
  7. integrasi nilai SKD dan SKB, serta penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS (April 2020).

Agenda kegiatan di atas akan berlangsung mulai Oktober 2019 ini hingga bulan April tahun 2020 mendatang.

Tentunya, untuk bisa mengikuti seleksi CPNS ASN 2019 ini Anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan berdasarkan jenia lowongan CPNS yang akan Anda ikuti.

Mengenai passing grade (batas ambang nilai minimal) yang akan diberlakukan untuk SKD maupun SKB rekrutmen CPNS pada tahun ini belum ada penetapan secara resmi oleh pemerintah.

Jika mengacu pada aturan rekrutmen CPNS tahun 2018 kemarin, passing grade untuk masing-masing SKD/TKD adalah sebagai berikut: Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75.

Sebagai persiapan Anda menghadapi seleksi CPNS 2019 ini, alangkah baiknya mulai sekarang Anda mempelajari kumpulan soal CPNS baik yang berhubungan dengan SKD/TKD maupun SKB.

Selain itu, akun SSCN-nya juga diperhatikan kembali. Jangan sampai lupa password-nya ya, hehe.. Bagi Anda yang baru tahun ini mau melamar CPNS, persiapkan akun SSCN dan persyaratan yang diperlukan. Karena rekrutmen CPNS tahun ini juga melalui akun SSCN. Untuk alamat portal SSCN bisa Anda akses melalui link ini.

Anda juga perlu latihan dalam menggunakan komputer. Tidak ada salahnya mengikuti simulasi CAT yang diselenggarakan pihak BKN dalam membantu menghadapi tes nantinya. Sebab, sistem tes tahun ini juga berbasis Computer Assisted Test (CAT).


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sah, Rekrutmen CPNS Dipastikan Oktober 2019 dan Juli 2020!"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel