Pertolongan Pertama Obat Muntah dan Mual pada Anak

Pertolongan Pertama Obat Muntah dan Mual pada Anak
Thursday, December 26, 2019
Mual merupakan penyakit yang disebabkan perasaan tidak enak yang biasanya terjadi pada perut, gejala mual ini pada akhirnya berujung pada keinginan untuk muntah. Guna mencegah terjadinya muntah, karenanya Anda harus menghindari hal-hal yang menyebabkan mual.

Obat muntah dan mual anak
Pertolongan pertama untuk obat muntah dan mual pada anak atau bayi dapat dilakukan dengan memahami terlebih dahulu penyebab mual dan muntah itu sendiri
Lantas, Obat mual muntah yang aman untuk bayi apa yang bisa Anda gunakan? Sebelum Anda mengetahui obat muntah, Anda juga harus tahu penyebab mual dan muntah pada orang dewasa adalah adanya pusat muntah pada bagian otak yang aktif mengeluarkan zat yang merugikan tubuh.

Muntah terus-menerus pada orang dewasa ini dapat dipicu oleh asupan makanan yang mengandung zat beracun atau zat iritatif. Selain itu, mual dan muntah juga dapat dipicu oleh makanan yang telah basi, rusak, bahkan membusuk.

Selain orang dewasa, bayi pun tak jarang juga mengalami kondisi mual yang berujung pada muntah. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh:
  • Infeksi pada saluran kemih yang berupa nyeri saat buang air kecil, biasanya disertai demam;
  • Kelainan pada saluran cerna yang mengakibatkan diare dan disertai demam;
  • Otitis media, yaitu infeksi telinga bagian tengah yang berupa nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, dan panas;
  • Gangguan pada saat pemberian makan.
Salah satu cara mengatasi muntah yang utama adalah jika Anda sudah mengetahui penyebab dari gejala mual dan muntah, misalkan saja mual dan muntah disebabkan oleh dehidrasi, maka segera lakukan pengobatan dengan memberikan cairan rehidrasi.

Sementara untuk pertolongan pertama anak muntah terus Anda dapat melakukan beberapa cara berikut:
  • Anak sering kali gelisah, rewel, terlihat kehausan dan minum dengan lebih cepat, air mata berkurang, kelopak mata cekung, mulut kering, urine berkurang, kulit pucat, dan berat badan turun 5-10% dari berat badan semula. Penanggulangannya adalah dengan memberikan rehidrasi CRO 75mg/kgBB/3 jam dan penggantian cairan sama seperti dehidrasi ringan.
  • Kondisi tubuh melemah hingga tidak sadar, anak tidak mau minum, sangat kering, kelopak mata terlihat sangat cekung, kulit memucat, dan berat badan turun >10% dari berat badan semula. Langkah pertolongan yang dapat ditempuh adalah terapi rehidrasi dengan menggunakan cairan intravena.
  • Apalagi jika anak Anda mengalami flu dan batuk, Anda harus tanggap dan memberikan Obat flu paling ampuh sesuai dengan resep dokter.
Demikian beberapa langkah yang bisa Anda terapkan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi muntah dan rasa mual pada anak ataupun bayi Anda. 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pertolongan Pertama Obat Muntah dan Mual pada Anak"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel