Apa Itu Causative Verb dan Apa Saja Katanya?

Apa Itu Causative Verb dan Apa Saja Katanya?
Sabtu, Februari 01, 2020
Pernahkah Anda mendengar yang namanya causative verb? Dalam Bahasa Inggris, ini adalah salah satu jenis kata yang sering dipakai. Anda yang sedang mendalami bahasa ini tentunya akan sangat sering bertemu dengannya, ya! Nah, sebenarnya apa ini?
Causative verb
Causative verb (have, get, let, make)

Pengertian

Bagi Anda yang belum tahu, sebenarnya ini adalah tipe kata kerja yang biasa digunakan dalam Bahasa Inggris. Kata kerja ini dipakai untuk menunjukkan bahwa subjek dalam kalimat bukanlah pelaku yang melakukan sesuatu, melainkan ia hanya bersifat sebagai orang lain atau objek saja.
Namun, kerap kali ini juga didefinisikan sebagai kata kerja yang membuat subjek baik itu benda mati atau manusia untuk bisa melakukan atau menyebabkan perubahan terhadap sesuatu. 
Bisa dibilang, ia tidak bertanggung jawab secara langsung atas aksi yang terjadi. Sebagai contoh, i had my hair cut. Dalam kata ini, i tidak memotong rambutnya sendiri. Hal tersebut dilakukan oleh orang lain.

Lalu, Apa Saja Kata Kerjanya?

Tidak semua kata kerja dalam Bahasa Inggris termasuk dalam tipe yang satu ini, ya! Hanya ada beberapa kata kerja causative saja yang umum digunakan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa cek di bawah ini beserta dengan contohnya.

1. Have

Kata kerja jenis causative pertama yang umum digunakan adalah have. Kata kerja yang satu ini memiliki fungsi untuk menginginkan seseorang mengerjakan sesuatu untuk subjek yang ada di dalam kalimat tersebut.
Untuk penggunaan kata kerja have ini pun terbagi menjadi kalimat aktif dan kalimat pasif. Kalimat aktif memiliki rumus subjek ditambah dengan (have/had + agent + action verb (bare infinitive)) + objek. Contoh penggunaannya adalah ‘i had my brother take that glass atau bisa juga Mr. Haris had Lillie check the paper.
Sedangkan untuk penggunaan kata kerja have dalam konteks kalimat pasif, rumusnya berbeda lagi. Rumusnya adalah subjek + (have/had) + onjek + action verb. Sebagai contoh, Rini had her jacket cleaned yesterday

2. Get

Selain have, ada juga get. Kalimat causative yang satu ini bisa dibilang mirip dengan kata have. Hanya saja, strukturnya dalam kalimat berbeda. Untuk kalimat aktif, rumusnya adalah subjek + (get/got) + agent + action verb. Sebagai contoh, he got his daughter to buy a ball.
Sedangkan untuk kalimat dalam konteks negatif menggunakan kata causative get, rumusnya berbeda lagi. Rumus yang digunakan adalah subjek + got + object + action verb. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah he got his jacket cleaned.

3. Let

Lalu, ada juga kata let. Kata kerja causative yang satu memiliki fungsi untuk membiarkan seseorang dalam melakukan sesuatu. Rumus penggunaan kata kerja causative yang satu ini  adalah subjek + let + agent + action verb. Sebagai contoh penggunaan dalam kalimat, she lets me drive her car.

4. Make

Ada juga kata make. Kata yang satu ini memiliki fungsi untuk memaksa atau sangat meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Rumus kata kerja yang satu ini adalah subjek + make/made +agent + action verb. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah did he makes you wear that ugly hat?
Nah, sekarang Anda sudah tahu apa pengertian causative dan apa saja kata kerja yang termasuk dalam jenis ini. Sebenarnya, masih banyak kata causative lain yang bisa Anda gunakan. Di antaranya adalah allow, cause, confince, enable, permit, require, motivate dan beberapa yang lainnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Causative Verb dan Apa Saja Katanya?"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel