Sejarah Perkembangan Komputer dan Ciri-cirinya dari Generasi ke Generasi

Sejarah Perkembangan Komputer dan Ciri-cirinya dari Generasi ke Generasi
Tuesday, May 19, 2020
Jika kita menengok ke belakang tentang bagaimana sejarah perkembangan komputer dan ciri-cirinya sejak awal generasi ke generasi sekarang telah menggambarkan bahwa peradaban manusia di bidang teknologi ini dari masa ke masa terus meningkat.

Komputer memiliki perjalanan yang cukup lama, mulai dari diciptakannya hingga sekarang. Sebelum orang menemukan komputer yang kita kenal sekarang, pada 5000 tahun yang lalu orang menemukan alat yang disebut Abacus, yang muncul di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula komputer. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan penghitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan Abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus menjadi kurang terkenal.

sejarah perkembangan komputer dan cirinya
Salah satu hasil perkembangan komputer generasi ketiga (1966-1974). Sistem pengoperasiannya sudah tergolong canggih dan telah menggunakan perangkat lunak
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin untuk menghitung, yaitu pada tahun 1642, Blaise Pascal, yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan Kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan penghitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan angka. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Tetapi alat ini memiliki kelemahan yaitu hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan. Penemuan inilah komputer mulai dikenal masyarakat meskipun hanya digunakan untuk menghitung saja.

Menurut Nasution (2001) dilihat dari ciri-ciri setiap generasi, riwayat perkembangan komputer, terdapat lima generasi, sebagaimana dikemukakan berikut ini:
  1. Generasi pertama (1953-1958) di mana komponen perangkat keras komputer ketika itu adalah tabung elektronik dan memori magnetis. Pada masa itu aplikasi pengolahan data masih bersifat coba-coba.
  2. Generasi kedua (1958-1966) yang ditandai dengan digantinya tabung elektronik dengan transistor. Selain itu pada periode ini pula berhasil disempurnakan teknologi memori magnetis, sehingga daya simpannya menjadi lebih besar. Juga mulai dikembangkan pengolah bahasa dan sistem input-output. Sedangkan aplikasi pengolahan data dikembangkan mencakup bidang kerja yang cukup luas.
  3. Generasi ketiga (1966-1974) mencatat digantikannya transistor oleh rangkaian elektronik berukuran besar (large scale integration/LSI). Pada masa ini memori elektronik berbasis rangkaian terpadu menggantikan komponen magnetis. Lalu muncul pula terminal dengan layar video. Mulai diterapkan sistem pengoprasian yang canggih dan perangkat lunak pengendali komunikasi antar komputer mulai digunakan.
  4. Generasi keempat (1974-1982) dimana LSI diganti oleh VLSI (very large scale integration) yang berukuran memori amat besar. Peralatan input-output semakin canggih serta berkapasitas raksasa. Pada masa ini satelit mulai digunakan untuk saluran komunikasi data.
  5. Generasi kelima (1982-sekarang) meski belum konkrit sosoknya, tapi perkembangan terus bertambah canggih dengan kehandalan yang meningkat. Diperkirakan aplikasi komputer generasi ini adalah pengambilan keputusan langsung oleh komputer, pengolahan data yang terbesar langsung ke rumah-rumah, serta sistem informasi berukuran raksasa. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Selain itu pada generasi ini juga ditemukan World Wide Web (www) oleh Tim burners-Lee. Dan juga sudah dimulai penggunaan browser, dan pada saat ini sudah ada berbagai browser diantaranya Netscape Navigator, Explorer, Mozilla, Opera dan lain sebagainya.
Ciri-ciri komputer generasi pertama yaitu:
  • Menggunakan vacum tube sehingga komputer generasi pertama ini memiliki ukuran yang sangat besar.
  • Menggunakan bahasa mesin sehingga kecepatan kerjanya sangat lambat dan memiliki memori yang sangat kecil.
  • Untuk menjalankannya membutuhkan panas yang sangat tinggi.
Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua, yakni:
  • Sudah menggunakan alat yang disebut Transistor
  • Memiliki memori yang rendah atau kecil
  • Pengolahan data sedikit lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
  • Kebutuhan panasnya tidak terlalu tinggi.
  • Ukuran fisiknya lebih kecil dari ukuran komputer generasi pertama.
Ciri-Ciri Komputer generasi ketiga, antara lain:
  • Menggunakan MIC atau Monolotic Itered Circuit.
  • Memiliki memori lebih besar dari generasi kedua.
  • Memiliki kecepatan yang lebih besar.
  • Memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari generasi ke dua.
Ciri Komputer generasi keempat, meliputi:
  • Menggunakan MOS (Methal Oxcide Semi Conductor).
  • Memiliki Memori yang sangat besar.
  • Memiliki kecepatan dalam mengolah data.
  • Ukurannya menjadi sangat kecil.
Ciri Komputer generasi kelima, antara lain:
  • Ditemukannya world wide web (www) web merupakan sebuah system dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara yang tersimpan dalam internet web server dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Hal ini menambah fungsi komputer menjadi lebih banyak.
  • Mulai digunakannya browser dalam mencari informasi yang terdapat di internet melalui komputer.
Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai sampai saat ini telah banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti berikut ini:
  1. Robot dan otomasi industri
  2. Otomasi perkantoran
  3. Telekomunikasi
  4. Sistem keuangan elektronik
  5. Komputer pribadi
  6. Sistem informasi ke rumah
  7. Surat elektronik dan konferensi jarak jauh
  8. Kecerdasan buatan.
Seiring berjalannya waktu, termasuk juga dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat, tentunya perkembangan kemajuan perangkat komputer juga akan terus meningkat dengan inovasi-inovasi baru.

Itulah sejarah singkat komputer berikut ciri-cirinya dari awal generasi hingga sekarang. Mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Komputer dan Ciri-cirinya dari Generasi ke Generasi"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel