Gastroenteritis: Infeksi Perut, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Gastroenteritis: Infeksi Perut, Ini Penjelasan Lengkapnya!
Monday, October 05, 2020
Gastroenteritis adalah masalah yang terjadi pada perut karena adanya gangguan pencernaan. Terjadinya masalah kesehatan ini karena virus, parasite, atau bakteri. Di mana Anda terinfeksinya dari makanan atau air yang telah terkontaminasi. Berikut ini penjelasan lengkap tentang penyakit Gastroenteritis. 

Gejala Terjadinya Gastroenteritis


Anda bisa mengetahui sedang terkena penyakit gastroenteritis atau tidak dengan mengetahui gejalanya. Biasanya tubuh akan mengalami gejala setelah 1 sampai 3 hari terinfeksi. Gejala tersebut bisa berlangsung sampai 10 hari. Gejala yang dialami adalah demam dan menggigil yang membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas.

Anda akan mengalami sakit kepala dan mual sampai tidak nafsu untuk makan. Terasa juga sakit pada bagian peut, nyeri di bagian otot, dan sendi. Anda juga akan mengalami diare yang frekuensi lebih dari 3 kali sehari.

Tanda Harus ke Dokter


Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya jika kondisinya tidak semakin parah. Hanya saja Anda harus segera ke dokter melakukan pemeriksaan jika panas terus terjadi sampai suhunya 40 derajat celcius. Selain itu mengalami dehidrasi parah dengan mulut kering dan urine yang pekat. 

Bahkan Anda mengalami muntah lebih 2 hari atau sampai mengalami muntah darah. Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami diare yang berair terus menerus sampai 24 jam, sehingga badan terasa lemas sekali. 

Itu tanda jika dialami oleh orang dewasa. Jika yang mengalaminya anak-anak tanda harus ke dokter jika suhu demamnya sudah di 39 derajat celcius. Anak mengalami lemas dan rewel seharian dengan terlihat tidak nyamannya di bagian perut. 

Pengobatan Gastroenteritis 


gastroenteritis-adalah
Gastroenteritis adalah masalah yang terjadi pada perut karena adanya gangguan pencernaan. Terjadinya masalah kesehatan ini karena virus, parasite, atau bakteri


Dehidrasi Tubuh


Pengobatan penyakit ini dengan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Anda harus minum air dalam jumlah cukup dan mendukungnya dengan minum oralit, terutama jika sudah mengalami diare. Bisa juga mengganti oralit dengan meminum jus buah atau kuah sup. Namun, jika Anda tidak bisa lagi minum segera ke rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan perawatan. 

Antibiotik


Solusi pengobatan untuk penyakit ini dengan mengonsumsi antibiotic dari dokter. Anda harus mengonsumsinya sesuai dengan anjuran agar bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas. 

Pemeriksaan fisik 


Pengobatan penyakit ini dengan melakukan pemeriksaan di bagian perut dan didukung dengan pemeriksaan penunjang diantaranya pengambilan feses. Di mana tes akan dilakukan untuk mengetahui keberadaan virus atau bakteri yang menjadi penyebab penyakit gastroenteritis.

Istirahat Total


Pengobatan juga dapat dilakukan dengan istirahat total agar tubuh bisa kembali fit dan sistem imunitas akan kembali stabil. Sembari itu disarankan mengonsumsi obat anti nyeri yang bisa mengurangi demam dan rasa sakit. 

Pencegahan Gastroenteritis


Kesehatan merupakan hal yang penting untuk dijaga, maka lebih baik mencegah dari pada mengobati. Cara untuk mencegah penyakit Gastroenteritis adalah rajin mencuci tangan di air mengalir. Setiap akan makan cuci tangan menggunakan sabun. 

Pencegahan lainnya dengan mengonsumsi makanan yang higienis atau sebaiknya dimasak sendiri. Adapun pencegahan yang bisa dilakukan untuk bayi dengan imunisasi rotavirus jika diinginkan. Anda juga bisa melakukan pencegahan agar tidak tertular penyakit ini dengan tidak berbagi makanan, minuman, ataupun peralatan apa pun yang digunakan.

Gastroenteritis adalah penyakit infeksi yang akan mengganggu pencernaan dan bisa dialami oleh siapa saja. Anda jangan mengganggap remeh penyakit ini jika sudah terjadi masalah tanda-tandanya lebih dari tiga hari atau bahkan sudah seminggu. Lakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik agar bisa kembali beraktivitas seperti semula.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gastroenteritis: Infeksi Perut, Ini Penjelasan Lengkapnya!"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel