Mengapa Anda Perlu Kursus Programming?

Mengapa Anda Perlu Kursus Programming?
Monday, March 22, 2021

Perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadi ciri abad ke-21. Dimanapun kita melihat, apapun yang kita gunakan ada hubungannya dengan teknologi. Dari jam alarm di ponsel yang membangunkan kita di pagi hari, mesin kopi yang membuatkan kita kopi dengan menekan satu tombol, hingga smartphone dan internet yang membuat hidup kita lebih mudah, semua itu menggunakan teknologi.

Di balik hampir semua hal yang kita lihat di internet, setiap kata, gambar, bagan, tata letak, dan sebagainya, ada seseorang yang memprogramnya agar terlihat seperti itu bagi kita. Tentunya, Anda juga bisa melakukan semua itu ketika Anda sudah menguasai pengkodean.

Kursus programming
Dengan menguasai pengkodean, Anda dapat mengembangkan keterampilan sekaligus memecahkan masalah.

Belajar pemrograman dapat Anda lakukan secara mandiri, melalui kursus programming, atau mengikuti pendidikan  formal. Saya pikir, ketiga cara di atas dapat Anda lakukan semuanya dalam satu waktu, bukan begitu? Hehehe.. Bagi Anda yang ingin menguasai pengkodean secara cepat, efektif dan efisien, kursus programming merupakan pilihan yang tepat. Mengapa Anda perlu kursus programming dan wajib menguasai pengkodean? Berikut beberapa alasannya.

1. Menjamin Anda Pekerjaan

Kita hidup di era teknologi dan pertumbuhan teknologi tidak pernah berhenti. Karena penggunaan perangkat teknologi berkembang setiap tahun akan selalu ada permintaan yang tinggi untuk programmer.

Pekerjaan seperti pengembangan perangkat lunak, pengembangan web, analis sistem komputer, dan lainnya menunjukkan prospek karir yang baik ke depan. Perkiraan pertumbuhannya dari 9% hingga 21% untuk pekerjaan pengembangan perangkat lunak ini.

2. Tidak Perlu Gelar Empat Tahun

Meskipun salah satu jalan untuk menjadi seorang programmer adalah dengan memperoleh gelar ilmu komputer, Anda masih bisa menjadi seseorang tanpa gelar. Banyak pekerjaan pemrograman tidak membutuhkan ilmu komputer atau gelar IT; sebaliknya, mereka tertarik dengan kemampuan pengkodean Anda. Ini berarti bahwa meskipun gelar akan berguna dan membuka beberapa pintu untuk Anda, itu bukanlah suatu keharusan.

Namun, ada pilihan lain selain gelar, yang berpotensi membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan diploma pengembangan perangkat lunak atau keamanan siber, itu pasti akan terlihat bagus di mata manajer perekrutan. Hal yang sama juga berlaku untuk sertifikat; jika CV Anda memiliki program sertifikat yang relevan di dalamnya, seperti manajemen keamanan jaringan misalnya yang bersama dengan keahlian Anda akan meninggalkan kesan yang baik.

3. Bekerja Dari Rumah

Karena pekerjaan tersebut hanya membutuhkan komputer dengan koneksi internet, seringkali karyawan memiliki kesempatan untuk bekerja dari jarak jauh. Meski begitu, itu tergantung pada kebijakan perusahaan, tetapi banyak yang menawarkan opsi seperti itu.

Apalagi jika Anda bekerja sebagai freelancer, pekerjaan Anda akan selalu dilakukan dari jarak jauh. Keuntungan ini membuat pemrograman menjadi pekerjaan yang sangat dicari bagi orang-orang yang ingin menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan keluarga mereka dan merasa seperti bepergian membuang-buang waktu berharga mereka yang seharusnya mereka habiskan secara berbeda.

Ini juga memungkinkan mereka untuk melamar pekerjaan di seluruh negeri tanpa perlu pindah dan khawatir tentang jarak kantor.

4. Anda Dapat Menciptakan Apapun yang Anda Inginkan

Pemrograman komputer tidak seperti pekerjaan lain, memberi Anda kesempatan untuk mendigitalkan ide-ide Anda. Ide ini dapat mencakup aplikasi yang ingin Anda buat dan yang akan menjadi viral begitu Anda memasukkannya.

Namun, membuat aplikasi bukanlah tugas yang mudah karena membutuhkan tenaga, waktu, dan uang. Sementara dalam skenario lain, Anda akan membayar pengembang untuk mewujudkan rencana dan ide Anda, menjadi programmer sendiri, Anda akan menyisihkan uang Anda dan mengembangkan aplikasi persis seperti yang Anda inginkan. Terutama karena, jujur ​​saja, tidak ada yang bisa mengimplementasikan ide Anda persis seperti yang Anda inginkan.

5. Potensi Penghasilan Tinggi

Uang bisa menjadi motivasi di sebagian besar pekerjaan. Sebagian besar pekerjaan yang bisa Anda dapatkan dengan keterampilan pemrograman cenderung memiliki gaji yang lebih tinggi dari rata-rata.

Sementara gaji seorang programmer tergantung pada kebijakan tiap negara dan jenis pekerjaannya. sebagai contoh, di Amerika gaji rata-rata seorang programmer komputer adalah $84.280, sedangkan gaji rata-rata pengembang perangkat lunak adalah $103.620. Cukup menggiurkan, bukan?

6. Memahami Cara Kerja Perangkat Lunak

Saat seseorang menggunakan komputer, dia berinteraksi dengan kode-kode itu melalui mouse dan keyboard, tetapi dia tidak benar-benar berhenti dan memikirkan tentang program yang berjalan di latar belakang.

Pemrograman akan membuat Anda terbiasa dengan perangkat lunak, program, perangkat, dan situs web dan akan membantu Anda memahaminya. Karena pengenalan ini, Anda akan memahami dan mengadopsi alat teknologi baru dengan lebih cepat.

7. Mengajari Anda Ketekunan

Mempelajari pemrograman komputer mengajarkan Anda untuk melihat masalah bersama solusi. Untuk setiap masalah yang mungkin Anda hadapi, Anda mulai bertukar ide tentang cara menyelesaikannya.

Hasil yang bermanfaat dari curah pendapat dan memperbaiki masalah akan memberi Anda pandangan yang positif, dan menguatkan Anda untuk bertindak atas masalah tersebut betapapun sulitnya. Anda menjadi bertekad untuk menemukan cara untuk mencari solusi, menjadi orang yang didorong oleh solusi dengan cara ini.

8. Menggabungkan Keterampilan Teknis dan Kreativitas.

Tidak semua industri akan memberi Anda kesempatan untuk menggunakan keterampilan teknis dan kreatif Anda seperti halnya pemrograman. Ini dimungkinkan karena sifat pekerjaannya. Ini berfokus pada mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya.

Namun, tidak akan selalu ada masalah yang sama untuk dipecahkan, itulah mengapa Anda harus menyelesaikannya sambil juga menemukan solusi baru setiap saat. Ini membuat pemrograman menjadi karier yang sangat menantang dan mengasyikkan.

9. Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Dalam dunia pemrograman, sering dikatakan bahwa pengkodean adalah tentang menyelesaikan masalah, dan program komputer harus menyelesaikan masalah untuk kita. Mempelajari pemrograman kurang lebih adalah pengkodean dan menentukan bagaimana menangani masalah yang muncul selama pengkodean dan menemukan solusi untuk mereka.

Semakin banyak Anda menyelesaikan masalah ini, semakin praktis jadinya. Anda bahkan dapat mulai menerapkan pola pikir pemecahan masalah ini dalam berbagai aspek kehidupan profesional Anda dan tidak hanya saat membuat kode.

10. Buka Bisnis Anda Sendiri

Menjadi wiraswasta adalah jalan yang akhirnya dipilih oleh banyak programmer. Mengetahui cara membuat kode memungkinkan Anda melihat ke dalam membuka bisnis Anda sendiri. Ini bisa berupa toko online, memiliki perusahaan perancang situs web Anda sendiri, membangun aplikasi seluler, menawarkan kursus programming dan bimbingan koding online, dan banyak lagi.

Peluang tidak terbatas. Yang membuatnya lebih baik adalah permintaan untuk jenis bisnis ini juga tinggi. Pemrograman adalah keterampilan yang memiliki banyak manfaat. Beberapa keuntungan yang didapat dengan mengetahui kode adalah pekerjaan yang terjamin, dapat membuat aplikasi yang menarik, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, dan terkadang bahkan kesempatan untuk bekerja dari rumah.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mempelajari pengkodean ini? Anda bisa mengikuti kursus programming yang tersedia di Course-Net.com. Anda juga dapat mengecek jadwal kursus pemrograman di situsnya secara langsung.

Informasi berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda mengapa mengikuti kursus programming melalui Course-Net.com.

Course-net
Tampilan situs course-net

Course-Net Indonesia didirikan oleh seorang anak muda milenial pada tahun 2015. Berbekal prestasi cumlaude semasa kuliah, juara kompetisi IT Networking tingkat nasional, dan berhasil masuk perusahaan ICT Consultant Nomor 1 di Indonesia sebelum lulus kuliah, Alvin begitu menyadari pentingnya seorang IT People untuk memiliki specific skill. Selain itu penting bagi IT People untuk punya seorang coach berpengalaman supaya setiap dari mereka mampu beradaptasi dan berkontribusi lebih baik dalam perusahaan.

Oleh karena itu, Alvin memiliki ide gila untuk mengumpulkan seluruh praktisi terbaik dengan background 3P (Praktisi, Punya Sertifikasi, dan Prestasi di Tingkat Dunia). Tagline IT is FUN merupakan ciri khas Course-Net Indonesia dimana system pembelajaran dibuat ‘semi cowboy’, FUN dan Praktis sehingga setiap IT People yang belajar mampu menyerap ilmu yang sifatnya best practice di dunia pekerjaan dan bukan teori saja.

Tahun 2015 berdirilah Course-Net Indonesia yang hingga saat ini berhasil menghasilkan 7.000 lebih lulusan dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Tidak hanya memberikan bimbingan kepada IT Professional, Course-Net juga memberikan bimbingan bagi para pelajar, mahasiswa, hingga business owner.

Selamat belajar kode!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Anda Perlu Kursus Programming?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel