Begini Cara Mengecek Gula Darah di SehatQ

Begini Cara Mengecek Gula Darah di SehatQ
Friday, June 25, 2021

Mengecek gula darah sangat bermanfaat memonitor kadar glukosa di dalam darah masih normal atau tidak. Perlu dilakukan secara rutin agar bisa melakukan evaluasi atau penanganan yang tepat, sehingga kondisi gula darah tidak berisiko fatal. Berikut ini cara pemeriksaan gula darah dengan alat tes gula darah

Cara Pemeriksaan

Pengecekkan gula darah bisa menggunakan alat Glukometer yang bisa diperiksa sendiri secara mandiri di rumah. Pengambilan sampel untuk pengecekkan ini menggunakan ujung jari. Di mana bagian jari ini memiliki pembuluh darah kapiler. Kondisi aliran darah di bagian ujung memberikan hasil cek yang akurat.

alat-tes-gula-darah
Pengecekan gula darah

Cara pemeriksaan dengan alat ini memerlukan jarum kecil, perangkat lancing yang berguna untuk menahan jarum. Alat lainnya yang dibutuhkan alcohol, kapas, strip uji, meteran glukosa, kotak portable, dan kabel untuk mengunduh data. 

Langkah-langkah pemeriksaannya dimulai dengan mencuci tangan sampai bersih menggunakan sabun di air mengalir. Lalu letakkan bagian jarum ke perangkat lancing. Setelah itu baru masukkan strip tes ke meteran glukosa, namun bersihkan terlebih dahulu dengan jarum. Letakkan darah yang sudah diambil ke strip tetes, lalu tunggu hasilnya beberapa saat.

Hal-Hal Penting untuk Pemeriksaan

  1. Alat harus disimpan dengan baik yaitu bersih, tertutup rapat, dan kering agar strip-kit tidak mengalami kerusakan. 
  2. Kondisi tangan dalam keadaan bersih jangan ada kontaminasi dengan makanan, sanitizer, dan pelembap apapun.
  3. Pastikan tangan dalam kondisi kering.
  4. Darah yang keluar pertama harus dibersihkan terlebih dahulu dan sampel yang diambil harus cukup sesuai kebutuhan alatnya. 

Cara Memilih Alat Tes

1. Harga

Cara memilih alat tes gula darah dengan memilih harga yang terjangkau dengan kualitas terjamin. Ada harga ada kualitas tentunya akan lebih menguntungkan karena alat akan tahan lama dengan pengukuran yang akurat. Lakukan perbandingan harga dan kualitas dari alat yang akan dibeli. 

2. Penggunaan dan Perawatan

Cara berikutnya untuk memilih alat tes adalah melihat dari segi penggunaan dan perawatan alat. Pilih yang mudah digunakan dan perawatannya praktis dilakukan. Indikator dari alat tesnya pilihlah yang dapat dilihat jelas di bagian layar. Penggunaan yang mudah tentunya memiliki ukuran yang mudah dibawa-bawa dan stripnya juga tidak susah untuk didapatkan lagi. 

3. Penyimpanan Data

Pilihlah alat yang dapat melakukan penyimpanan data dengan aman, sehingga Anda bisa melakukan perbandingan kondisi gula darah secara berkala. Glukometer digital merupakan alat tes yang menyimpan data secara otomatis. Anda pun menjadi lebih mudah saat membutuhkan data pemeriksaannya. Pilihlah alat yang memiliki memori penyimpanan data. 

4. Fitur Alat

Selanjutnya pilihlah alat yang memiliki fitur sesuai kebutuhan. Misalnya fitur bagian layar yang bisa menyala di tempat gelap, sehingga tidak mengganggu proses pemeriksaan. Selain itu, memilih alat dengan  adanya fitur audio. 

5. Pemeriksaan di SehatQ

Anda bisa melakukan pemeriksaan di sehatQ dengan mengunjungi salah satu klinik atau rumah sakit yang terdaftar di situsnya. Ada banyak pilihan dan bisa dilakukan filter sesuai dengan alamat rumah. Pemeriksaan bisa datang langsung ke sana setelah melakukan temu janji konsultasi dengan dokternya. 

Di situs SehatQ Anda bisa melihat rekomendasi alat untuk tes gula yang kualitasnya terjamin dari berbagai brand. Setiap jenis alatnya memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Selain itu, terapkan tata cara pemeriksaan yang sesuai prosedur agar hasilnya bisa akurat. Review alat pemeriksaan bisa dilihat langsung di situs SehatQ.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Mengecek Gula Darah di SehatQ"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel