Praktikan 6 Poin Ini untuk Promosi di Instagram!

Praktikan 6 Poin Ini untuk Promosi di Instagram!
Sunday, September 26, 2021

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulan, Instagram adalah salah satu platform terbesar bagi sebuah merek untuk membangun hubungan dengan pelanggannya.

Jika anda bisa memanfaatkan secara maksimal potensi pengguna media sosial, maka kesuksesan akan ada di tangan anda.

Banyak orang mengunjungi Instagram untuk menjelajahi hal-hal yang mereka sukai, termasuk bisnis seperti milik Anda. Untuk itu, tunjukkan passion Anda dalam iklan dan bantu orang melihat apa yang istimewa tentang bisnis Anda.

Instagram marketing
Tingkatkan jangkauan bisnis Anda dengan instagram marketing


Apa itu Promosi Instagram?

Promosi Instagram adalah fitur yang memungkinkan Anda mengonversi postingan, cerita, atau sorotan Instagram biasa menjadi postingan bersponsor dengan biaya tertentu. Postingan semacam itu biasanya terlihat mirip dengan postingan atau cerita feed organik, tetapi dapat diidentifikasi dengan tag “Bersponsor” yang muncul di bawah postingan Instagram.

Anda juga dapat menambahkan ajakan bertindak yang dapat diklik untuk kiriman umpan atau memiliki opsi geser ke atas untuk cerita. Anda dapat menetapkan anggaran dan durasi promosi, dan memilih audiens target Anda untuk postingan yang dipromosikan berdasarkan faktor-faktor seperti lokasi, demografi, minat. Banyak bisnis menggunakan Promosi Instagram untuk membuat konten mereka lebih terlihat dan menjangkau audiens yang lebih luas daripada jumlah pengikut mereka saat ini.

Posting materi iklan

Promosi Instagram hanya dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas postingan atau cerita yang ada di umpan Anda melalui aplikasi Instagram. Ini mirip dengan fitur “Boost Post” di Facebook. Iklan Instagram harus dibuat dan diposting dari Pengelola Iklan Facebook.

Penargetan audiens

Promosi Instagram memungkinkan Anda untuk memilih audiens target Anda berdasarkan usia, lokasi, dan minat yang luas. Iklan Instagram menawarkan opsi yang lebih terperinci untuk menyaring audiens target Anda, dengan beberapa subkategori di bawah perilaku, minat, dan demografi lainnya.

Bagaimana cara promosi di Instagram?

Perlu diingat bahwa fitur promosi Instagram hanya tersedia untuk akun bisnis. Jadi, jika Anda belum memiliki akun bisnis, buatlah terlebih dahulu. Anda juga dapat mengonversi akun Instagram yang ada menjadi akun bisnis dengan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Instagram dan buka profil Anda dengan mengetuk ikon profil di kanan bawah.


  2. Klik pada tiga bar di kanan atas. Selanjutnya, klik "Pengaturan".Klik “Akun” dan gulir ke bagian bawah halaman.

  3. Kemudian klik "Beralih ke akun profesional" dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan penyiapan akun bisnis Anda.

Cara promosi di Instagram pada dasarnya dapat Anda lakukan melalui dua cara, yakni promosi lewat postingan dan promosi lewat instagram story.

Promosi lewat postingan

Anda dapat memilih kiriman apa pun dari umpan Anda untuk dipromosikan, tetapi strategi terbaik adalah memilih dari antara kiriman berkinerja terbaik Anda.

Promosi lewat instagram story

Anda juga dapat mempromosikan cerita aktif dan cerita yang telah ditampilkan di sorotan atau diarsipkan. Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya dapat menggunakan elemen tertentu yang dapat diketuk seperti tagar, sebutan, jajak pendapat, dan tag lokasi. Cerita dengan GIF, emoji, musik, dan elemen serupa lainnya tidak memenuhi syarat untuk promosi Instagram.

Praktik terbaik untuk mempromosikan postingan Instagram

Dua opsi promosi di atas baik promosi lewat postingan atau insta story perlu memperhatikan hal-hal tertentu dalam menunjang langkah promosi Anda. Praktikan 6 poin berikut untuk promosi bisnis di Instagram:

1. Bagikan konten yang relevan

Di media sosial, Anda bersaing dengan rentetan konten untuk mendapatkan perhatian pengguna. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian pelanggan. jika mereka tidak dapat berhubungan dengan konten Anda, mereka hanya akan menggulir melewati postingan Anda tanpa berpikir dua kali. Inilah sebabnya mengapa umpan Instagram Anda harus relevan dengan merek Anda dan pelanggan target Anda.

2. Gunakan Instagram Insights untuk mengetahui postingan mana yang akan dipromosikan

Saat memilih posting Instagram dari feed Anda untuk dipromosikan, pilih salah satu yang sudah berhasil dengan baik dengan audiens Anda. Postingan semacam itu memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan manfaat dari jangkauan yang lebih luas dan menarik perhatian lebih banyak pengguna.

Fitur Instagram Insights, yang dapat diakses dari profil bisnis Anda, dapat membantu Anda mengidentifikasi postingan sebelumnya yang paling banyak berinteraksi, dan memberi Anda pemahaman tentang jenis konten yang sesuai untuk demografi audiens Anda. Postingan bersponsor yang mirip dengan konten yang berkinerja baik di masa lalu lebih cenderung berhasil.

3. Sertakan CTA

Saat mempromosikan postingan, sertakan CTA yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu seperti membeli produk Anda, mengunjungi situs web Anda, atau mengirimkan pertanyaan melalui pesan langsung. Ini dapat meningkatkan konversi dari pos.

4. Siapkan penargetan secara manual

Instagram menawarkan fungsi penargetan audiens otomatis yang mempromosikan postingan kepada pengguna yang sesuai dengan demografi pengikut Anda saat ini. Namun, menyesuaikan setiap metrik secara manual memungkinkan kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang akan melihat postingan Anda.

Anda dapat menentukan audiens target Anda berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan minat dengan memilih opsi "Buat Sendiri". Ini juga berguna ketika Anda ingin menjangkau audiens baru yang demografinya mungkin berbeda dari pengikut Anda.

5. Posting secara konsisten

Algoritme Instagram menyukai akun yang memposting secara konsisten, setidaknya sekali setiap hari. Semakin konsisten Anda memperbarui feed, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan jangkauan organik, yang juga akan membantu posting sponsor Anda berkinerja baik.

Saat Anda memposting lebih banyak konten, penting juga untuk menganalisis kinerja mereka untuk menentukan jenis konten apa yang paling cocok dengan pengikut Anda. Anda juga dapat bereksperimen dengan menerbitkan posting pada waktu yang berbeda untuk mengetahui waktu yang ideal untuk memposting untuk keterlibatan maksimum.

6. Uji berbagai jenis posting bersponsor untuk melihat mana yang paling berhasil

Saat Anda memulai, promosikan beberapa jenis postingan yang berbeda dan analisis keterlibatan mereka. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi jenis posting yang dipromosikan yang paling mungkin memberi Anda respons terbaik. Misalnya, Anda dapat bereksperimen dengan estetika yang berbeda, seperti postingan gambar yang berdiri sendiri, postingan video, atau postingan berbasis teks untuk melihat apa yang menarik perhatian audiens Anda.

Jika memang cara promosi di Instagram di atas telah Anda lakukan dan belum membuahkan hasil yang diinginkan, Anda dapat mencoba melakukan promosi melalui jasa Instagram Marketing pihak ketiga, tentunya yang terpercaya dan sudah terjamin hasilnya.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa tujuan dari promosi bisnis di Instagram atau media sosial adalah bagaimana postingan produk bisa memiliki engagement rate luas, menjangkau banyak orang dan memiliki tingkat interaksi dengan followers/subscribers tinggi.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Praktikan 6 Poin Ini untuk Promosi di Instagram!"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel