gerald Seorang manusia biasa yang suka makan No comments

Dua Kata Yang Mengubah Hidup Raditya Dika Opportunity Cost

Opportunity cost dalam bahasa indo adalah biaya kesempatan, maksudnya gimana tuh ?

Menurut bang radit konsepnya sederhana “setiap pilihan yang kita ambil, ada keuntungan yang hilang, karena tidak mengambil alternatif lainnya.

Masih ga ngerti bang. oke kita kasih contoh ya
Misalnya seorang pengusaha mempunyai ruko yang kosong dan ia membuat usaha warnet berarti dia kehilangan kesempatan untuk membuat bisnis yang lain, misalnya bikin coffee shop, restoran, laundry.
Kalau warnet memberikan profit 30 jt /bulan, jangan - jangan ketika dia membuka laundry profit nya 50 jt sebulan. 
Opportunity cost nya 20 jt/bulan
Jadi semua keputusan bisnis selain memperhitungkan keuntungan juga harus memperhitungkan kerugian atau kesempatan yang hilang.

Bang radit mendapatkan ilmu ini ketika ia masih kuliah di adelaide, australia.
Contoh yang lebih dekat lagi dengan kita adalah
Kita sering nongkrong - nongkrong gajelas pas malem minggu, kesempatan yang lain adalah kita bisa di rumah belajar hal - hal yang lo inginkan, kalau disini bang radit mengatakan ia belajar menulis. dari buku - buku komedi, karena menurut bang radit opportunity cost dari nongkrong - nongkrong ini adalah tidak mengembangkan skill yang ia milikki.

Contoh lagi ya dalam keuangan
Kalau dapat rezeki 10 juta, apakah kamu memilih untuk beli hp baru atau menaruh uang kita di reksadana tetap yang isinya obligasi yang bisa menghasilnya return 7%, yang berarti dalam setahun ia mendapatkan 700 rb tanpa ngapa-ngapain

Opportunity cost dari beli hp baru adalah mendapatkan uang gratis 700 rb setahun.
Dengan mempunyai mindset seperti ini, jadi lebih mudah untuk mengatur keuangan kita .

Contoh lagi
5 jam main hp untuk scroll tiktok, ig atau 5 jam memulai sesuatu seperti buat konten, nulis buku atau apapun yang bisa menambahkan value kamu.

Intinya adalah selalu tahu, bahwa hidup ini mempunyai pilihan dan ada kerugian yang terjadi atas pilihan kita. Jadi sebelum kamu mengambil keputusan tanyakan pada diri kamu sendiri.

Comments (0)

Post a Comment

1. Dilarang Promosi Iklan, Porno Dan Sejenisnya
2. Dilarang Spam
3. Komentar Dengan Kalimat Yang Jelas dan Tidak OOT

Cancel