gerald Seorang manusia biasa yang suka makan No comments

Bidang-bidang akuntansi dan penjelasan secara lengkap

Bidang bidang akuntansi ada apa saja ? ini penjelasan lengkapnya

Kalau kamu ingin belajar akutansi secara lengkap atau secara berurutan kamu bisa lihat link dibawah ini ya.

List Belajar Akuntansi Secara Lengkap

Bidang atau spesialisasi akuntansi dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain : 

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting) Bidang akuntansi yang berhubungan dengan proses penyusunan laporan keuangan secara periodik untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. 

2. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing) Bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan laporan keuangan, dalam hal ini menyangkut kebenaran suatu laporan keuangan dan hasil atau kesimpulannya berguna bagi pihak-pihak di luar perusahaan, seperti investor, pemilik saham, kreditur, dan pemerintah. 

3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting) Bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemecahan masalah-masalah khusus yang dihadapi oleh pimpinan perusahaan yang meliputi: perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan pengendalian. 

4. Akuntansi Biaya (Cost Accounting) Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya. 

5. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting) Bidang akuntansi yang berhubungan dengan perhitungan dan penyusunan surat pemberitahuan pajak (SPT) serta segala sesuatu yang berhubungan masalah pajak misalnya penentuan objek pajak perusahaan. 

6. Sistem Informasi (Akuntansi) (Information System) Suatu cabang dari akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan dan pelaporan data keuangan. 

7. Akuntansi Peranggaran (Budgeting) Bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan data operasi yang telah berjalan dan rencana taksiran keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk masa yang akan datang disuatu jangka waktu tertentu beserta analsis dan pengontrolannya. 

8. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting) Budang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan transaksi yang terjadi dalam badan-badan pemerintah. 

Comments (0)

Post a Comment

1. Dilarang Promosi Iklan, Porno Dan Sejenisnya
2. Dilarang Spam
3. Komentar Dengan Kalimat Yang Jelas dan Tidak OOT

Cancel