gerald Seorang manusia biasa yang suka makan No comments

Penjelasan Lengkap Mengenai Beberapa Jenis Dalam Transaksi Akuntansi

Transaksi akuntansi adalah peristiwa atau kejadian yang dapat mengakibatkan berubanya aktiva, utang dan modal. Beberapa jenis transaksi yang biasa terjadi pada perusahan, antara lain :

1. Transaksi dengan Pemilik, adalah transaksi yang terjadi antara perusahaan dan pemilik. Contoh dari transaksi ini terdiri antarlain : penyetoran modal dari pemilik dan transaksi pengambilan untuk keperluan pribadi (prive).

2. Transaksi dengan Kreditor, adalah transaksi yang terjadi antara perusahaan dan kreditor. Contoh dari transaksi ini terdiri yaitu : transaksi pinjaman dan pelunasan pinjaman perusahan kepada kreditor.

3. Transaksi dengan Pelanggan, adalah transaksi yang terjadi antara perusahaan dan pelanggan. Contoh dari transaksi ini terdiri atas transaksi penjualan barang/jasa perusahaan kepada pelanggan dan transaksi pengembalian barang oleh pelanggan karena barang tidak sesuai dengan pesanan.

4. Transaksi dengan Pemasok, adalah transaksi yang terjadi antara perusahaan dan pemasok (supplier bahan baku) Transaksi ini terdiri atas transaksi pembelian bahan baku, barang dagangan, ataupun barang lainnya seperti alat-alat kantor dan kendaraan.

5. Transaksi dengan Penyedia Nilai Tambah adalah transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan perusahan/badan/orang pribadi yang menyediakan nilai tambah berupa produk/jasa. Contoh perusahan membayar gaji karyawan atas nilai tambah kompensasi usahanya selama satu bulan di perusaha. Contoh lainnya missal perusahan membayar listrik kepada PLN (Perusahan Listrik Negara) sebagai kompensasi nilai tambah penyediaan tenaga listrik bagi perusahaan agar dapat berproduksi dan melayani konsumen.

Comments (0)

Post a Comment

1. Dilarang Promosi Iklan, Porno Dan Sejenisnya
2. Dilarang Spam
3. Komentar Dengan Kalimat Yang Jelas dan Tidak OOT

Cancel